Wednesday, 13 December 2023 12:51

Menlu RI : Dunia Tidak Boleh Berhenti Perjuangkan Keadilan Bagi Palestina

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengajak seluruh negara dunia untuk memperbaharui komitmen terkait kemajuan Hak Asasi Manusia (HAM).

 

“Saya tegaskan bahwa siapa pun yang berkomitmen menjadi pembela HAM tidak boleh diam dan tidak boleh berhenti untuk terus memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina,” kata Menlu Retno saat menghadiri peringatan ke-75 Tahun Deklarasi Universal HAM pada Selasa (12/12/2023) di Markas Dewan HAM PBB, Jenewa, Swiss.

 

Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa Indonesia sangat kecewa atas kegagalan Dewan Keamanan PBB dalam mengesahkan resolusi gencatan senjata di Gaza.

 

“Saya juga sampaikan bahwa Indonesia sangat menyesali kegagalan Dewan Keamanan PBB untuk mengesahkan resolusi humanitarian ceasefire. Hal ini mencerminkan gagalnya sistem multilateral yang sudah ketinggalan zaman,” ucapnya.

 

Ia juga mengajak dunia untuk menolak penerapan standar ganda dalam penegakan HAM.

 

“Penerapan standar ganda adalah masalah terbesar di dalam penerapan HAM,” lanjutnya.

 

Menlu Retno juga menyesali kepada pihak yang selalu menyuarakan Hak Asasi Manusia namun justru menjadi pihak yang membiarkan Israel melanggar HAM. Untuk itu, ia menegaskan agar berbagai pelanggaran HAM segera dihentikan.

 

“Pihak-pihak yang sering mendikte kita mengenai HAM, justru menjadi pihak yang kini membiarkan Israel melanggar Hak Asasi Manusia. Saya menegaskan agar berbagai pelanggaran HAM segera dihentikan,” kata Menlu Retno.

Read 170 times