Tuesday, 09 January 2024 12:03

Dua Mahasiswa Australia Mengikuti Program Magang di Voice of Indonesia

Written by  AHM/MAR
Rate this item
(1 Vote)

Matthew Toohey, mahasiswa Strata dua (S2) jurusan Hubungan Internasional dan Jurnalistik di Monash University Melbourne  dan Maddie Toth, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Jurnalistik di Murdoch University, Perth, Australia  Foto : VOI

 

VOInews, Jakarta: Stasiun Siaran Luar Negeri Voice of Indonesia (VOI) RRI menjadi tuan rumah organisasi (host organization) dua mahasiswa Australia: Matthew Toohey dan Maddie Toth yang akan mengikuti program magang the ACICIS Journalism Professional Practicum (JPP) mulai 15 Januari sampai dengan 9 Februari 2024.

 

Kepada VOI di Jakarta, Senin (08/01/2024) Matthew Toohey, mahasiswa Strata dua (S2) jurusan Hubungan Internasional dan Jurnalistik di Monash University Melbourne menyatakan, ketertarikannya dalam dunia jurnalistik multimedia, khususnya online dan radio.

 

“Saya sangat tertarik untuk melihat, melakukan beberapa wawancara dan belajar bagaimana menghasilkan berita di berbagai platform berbeda, khususnya online, khususnya di radio dan penyiaran. Saya tahu bahwa Voice of Indonesia memiliki pendekatan yang sangat multi-platform, jadi saya sangat tertarik untuk mencoba keduanya dan melihat bagaimana hal itu terjadi ketika membuat satu berita dan membuatnya dengan berbagai cara,” kata Matthew Toohey.

 

Sementara itu, Maddie Toth, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Jurnalistik di Murdoch University, Perth, Australia berharap dapat melakukan pekerjaan di balik layar seperti produksi, mengedit dan menulis naskah.

 

“Jadi saya berharap untuk melakukan banyak pekerjaan di belakang layar, banyak produksi, pengeditan, pembuatan skrip, dan hal-hal seperti itu. Saya lebih suka diri saya berada di belakang segalanya. Dan ya, menurut saya ini akan menjadi peluang yang luar biasa untuk dapat memproduksi dan berkarya untuk Voice of Indonesia,” Maddie Toth.

 

Australian Consortium for in-Country Indonesian Studies- ACICIS merupakan konsorsium nirlaba yang melibatkan Universitas terkemuka di Australia yang memiliki program studi mengenai Indonesia. Program magang Journalism Professional Practicum (JPP) telah diselenggarakan sejak tahun 2008 dan menarik banyak mahasiswa dari Australia untuk mendapatkan pengalaman bekerja di Indonesia, sekaligus mendalami budaya Indonesia.

Read 260 times Last modified on Thursday, 11 January 2024 08:35