Tuesday, 09 January 2024 08:19

ACICIS Kembali Menggelar Program Magang Mahasiswa Australia di Indonesia

Written by  TONO/MAR
Rate this item
(1 Vote)

Program coordinator ACICIS Helmi Wattimuri (Foto: VOI)

 

VOInews, Jakarta: Program profesional magang mahasiswa Australia di Indonesia melalui Konsorsium pendidikan dan riset Australian Consortium For In Country Indonesian Studies (ACICIS) kembali hadir di Indonesia. Untuk ke 5 kali Voice of Indonesia kembali menerima mahasiswa Australia untuk magang selama lebih dari 3 minggu untuk belajar jurnalistik dan penyiaran.

 

Program coordinator ACICIS Helmi Wattimuri kepada Voice of Indonesia di Jakarta Senin, (8/1/2024) mengatakan, program yang akan diikuti para mahasiswa dari hampir 10 Universitas ternama di Australia akan tersebar di 3 kota pulau Jawa, dan magang sesuai dengan jurusan yang diambil di kampus nya masing-masing. Menurut Helmi, terjadi peningkatan jumlah peminat magang tahun 2024 dan institusi penempatan.

 

"Jadi untuk program kami saat ini namanya profesional prácticum program dan kami hosting 113 mahasiswa dari sekitar 10 Universitas yang ada di Australi universitas partner ACICIS. Lalu kami juga bekerjasama dengan beberapa organisasi ataupun perusahaan di Jakarta, Bogor dan Jogjakarta dan ada penambahan jadi ada sekitar 40 host organisation dan mereka akan menerima para mahasiswa untuk bisa magang. Untuk mahasiswa tahun lalu kami hosting sekitar 93 mahasiswa nah Kali ini tambah menjadi 113," ucap Helmi.

 

Helmy Wattimurry menjelaskan/ para mahasiswa magang tersebut sudah berada di Indonesia sejak awal Januari// Pada 2 minggu pertama dibulan Januari, mereka mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan seminar tematik sebelum di tempatkan sesuai minat magang mereka pada 15 Januari. Menurut Helmy, di tahun 2024 waktu magang para mahasiswa dipersingkat menjadi kurang dari 4 minggu karena terbentur pada Hari Pemilu di Indonesia pada 14 Februari 2004.

Read 283 times