Wednesday, 31 July 2024 13:11

Gedung Putih: Joe Biden Dan Luiz Inacio Lula Bahas Pemilu Venezuela

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOinews.id, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara dengan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengenai pemilihan presiden Venezuela baru-baru ini serta isu-isu bilateral, kata Gedung Putih. "Presiden Joe Biden berbicara hari ini dengan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil untuk membahas berbagai isu bilateral dan regional, termasuk situasi politik yang muncul di Venezuela setelah pemilihan presiden pada 28 Juli," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Biden dan Lula mengatakan bahwa mereka memandang pemilihan presiden Venezuela sebagai hal yang krusial bagi demokrasi regional.

Kedua presiden sepakat untuk menjaga koordinasi yang erat mengenai masalah tersebut, kata pernyataan tersebut.

"Kedua pemimpin sepakat tentang perlunya segera merilis data pemungutan suara yang lengkap, transparan, dan terperinci di tingkat tempat pemungutan suara oleh otoritas pemilu Venezuela," tambah pernyataan itu.

Pemilihan presiden Venezuela pada 28 Juli menyaksikan Nicolas Maduro memenangkan masa jabatan ketiga.

Pengumuman hasil tersebut memicu oposisi yang didukung AS untuk melakukan protes di ibu kota Caracas dan sekitarnya, dengan dilaporkan adanya bentrokan antara polisi dan pendukung oposisi.

Pemerintah Venezuela menuduh beberapa negara melakukan campur tangan dalam pemilihan.

Sumber: Sputnik-OANA

Read 2 times