Wednesday, 28 August 2024 13:51

Yordania: PBB Perlu Hentikan Rencana Israel Bangun Sinagoge di Al-Aqsa

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOinews.id, Moskow:Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan guna menghentikan seruan kepala otoritas keamanan Israel Itamar Ben-Gvir yang ingin membangun sinagoge di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Ben-Gvir baru-baru ini menyatakan akan membangun sinagoge di Bukit Bait Suci di Kota Tua Yerusalem untuk "persamaan hak" bagi orang Yahudi dan Muslim.

"Kami mendesak Dewan Keamanan dan seluruh anggota komunitas Internasional untuk segera mengambil tindakan efektif guna menghentikan tindakan ilegal Israel yang melanggar status quo sejarah dan hukum di Situs Suci Yerusalem yang diduduki," kata Safadi pada akun resmi X, Selasa (27/8).

"Sebagai kekuatan pendudukan, Israel secara hukum bertanggung jawab untuk melindungi status quo sejarah dan hukum," tulis Safadi.

Dewan Keamanan PBB harus mengadopsi resolusi yang mengikat untuk mencegah pelanggaran lebih lanjut dan eskalasi yang dilakukan Israel di sekitar Masjid Al-Aqsa di Bukit Bait Suci, tambahnya.

"Situasinya sudah sangat mencekam. Ideologi yang didorong oleh kebencian yang memungkinkan rancangan untuk mengubah identitas Masjid (Al-Aqsa) akan menjadi pemicunya. Konsekuensinya akan berbahaya," kata Menlu Yordania.

Bukit Bait Suci, yang dikenal umat Islam sebagai Haram al-Sharif, adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan diawasi oleh lembaga keagamaan Wakaf Islam.

Meski umat Yahudi kini diperbolehkan mengunjungi situs tersebut, mereka dilarang beribadah di sana untuk menghindari terjadinya ketegangan antara umat Yahudi dan Muslim.

Sumber: Sputnik-OANA

Read 46 times Last modified on Wednesday, 28 August 2024 13:59