Tuesday, 03 September 2024 09:44

Inggris Tangguhkan 30 Izin Ekspor Senjata ke Israel

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOinews.id, London:Inggris telah menangguhkan 30 izin ekspor senjata ke Israel, Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy mengumumkan pada Senin (2/9).

Dalam pidatonya di parlemen, Lammy mengatakan keputusan itu diambil setelah tinjauan atas izin ekspor senjata menemukan adanya "risiko yang jelas" bahwa penggunaan senjata itu bisa melanggar hukum internasional.

“Menghadapi konflik seperti ini, menjadi tugas hukum pemerintah untuk meninjau lisensi ekspor Inggris,” kata Lammy.

Sekitar 30 dari 350 izin akan ditangguhkan, tetapi langkah itu "bukan embargo senjata," kata dia.

Pemerintah Inggris telah dikritik karena terus memberikan lisensi ekspor senjata ke Israel.

Pada Juni, Departemen Bisnis dan Perdagangan mengatakan bahwa Inggris telah mengeluarkan 108 izin ekspor senjata ke Israel sejak 7 Oktober, ketika konflik Gaza meletus.

Lebih dari 300 lisensi masih aktif, menurut data sebelum keputusan diambil pada Senin.

Sebanyak 30 izin yang ditangguhkan mencakup komponen untuk pesawat militer, helikopter, dan pesawat nirawak.

Namun, Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa beberapa lisensi ekspor yang dinilai tidak digunakan oleh militer Israel dalam konflik Gaza "tidak perlu ditangguhkan."

Kementerian itu juga menyatakan bahwa pemerintah Inggris telah memutuskan untuk menangguhkan izin ekspor senjata ke Israel yang digunakan dalam operasi militer di Gaza setelah meninjau kepatuhan Tel Aviv terhadap hukum humaniter internasional.

“Penilaian Inggris menyimpulkan bahwa ada risiko jelas bahwa ekspor militer tertentu ke Israel mungkin digunakan dalam pelanggaran Hukum Humaniter Internasional,” kata kementerian tersebut.

Namun, kementerian itu juga mengatakan bahwa penangguhan tersebut tidak akan mengubah "dukungan Inggris yang kuat terhadap keamanan Israel.".

"Pemerintah telah menyimpulkan bahwa ada risiko yang jelas bahwa barang-barang yang diekspor ke Israel berdasarkan 30 lisensi ini mungkin digunakan dalam pelanggaran serius terhadap Hukum Humaniter Internasional, dan oleh karena itu ekspor tertentu ditangguhkan mulai hari ini," sebut kementerian itu.

Menteri Bisnis dan Perdagangan Inggris Jonathan Reynolds menyatakan bahwa dengan penangguhan tersebut, dia memenuhi komitmen pemerintah untuk menghindari risiko melanggar Hukum Humaniter Internasional dalam konflik Gaza.

Tidak seperti Amerika Serikat, Inggris memasok senjata ke Israel secara tidak langsung, tetapi memberikan lisensi ekspor kepada perusahaan-perusahaan Inggris untuk menjual senjata ke Israel.

Israel terus melancarkan serangan membabi buta di Jalur Gaza meski Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan-serangan itu telah menewaskan lebih dari 40.700 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 94.100 orang, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Sumber: Anadolu-OANA

Read 5 times