Friday, 07 September 2018 09:28

SOM ke-2 Negara Pulau Bahas Solusi Bersama Masalah Lingkungan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI bersama United Nations Development Program menggelar pertemuan tingkat pejabat tinggi (Senior Official Meeting SOM) ke-2 Negara Kepulauan dan Negara Pulau  6 hingga 8 September 2018 di Jakarta. Pertemuan tersebut membahas tentang sampah plastik, pengembangan ekonomi biru, adaptasi terhadap perubahan iklim, tata kelola pemerintahan yang baik, manajemen bencana, perikanan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi. Menteri koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menegaskan perlunya negara-negara kepulauan dan negara pulau bersatu untuk mengambil langkah nyata mengatasi masalah lingkungan.  

“Memang ini kita perlukan untuk berkumpul bersama sama, untuk membuat suatu kebersamaan dalam mengatasi masalah-masalah lingkungan. Khususnya misalnya kalo kita lihat sekarang ini masalah marine debris, masalah plastik itu yang menjadi arahan kita. Dan kita ingin dalam forum ini nanti untuk kita mencarikan lankah langkah bersama bagaimana mengatasi masalah ini.”

Sementara itu Country Director UNDP untuk Indonesia, Christophe Bahuet mengatakan inisiatif ini memfasilitasi pertukaran pengalaman negara kepulauan dan negara pulau dengan teknologi baru dan menemukan pendanaan baru untuk mengatasi ancaman dan tantangan yang ada. Menurutnya ini merupakan komitmen Indonesia, UNDP dan pihak lainnya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan khuhusnya nomor 14 terkait kehidupan di dalam laut. Pertemuan ini mengundang 46 negara kepualauan dan negara pulau yang berada di kawasan Asia dan Afrika. Negara-negara yang diundang antara lain Singapura, Palau, Mauritius, Saint Kitts and Navis dan Selandia Baru. (voi/rifai)

Read 399 times Last modified on Friday, 07 September 2018 13:49