Friday, 07 September 2018 11:08

Kementerian Sosial Siapkan Program Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial bagi Lombok

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Pada fase rehabilitasi dan rekontruksi pascagempa di Nusa Tenggara Barat, Kementerian Sosial memiliki program utama yang berkaitan dengan rehabilitasi dan perlindungan sosial. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya siap menjalankan program rehabilitasi sosial yang berfokus pada trauma healing. Pada Kamis, 7 September kepada wartawan di Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, ia mengatakan, Saat ini Kementerian Sosial telah menerjunkan 90 pendamping Layanan Dukungan Psikososial-LDP yang sudah disebar di 12 titik di Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya program rehabilitasi, Kementerian Sosial juga telah menyiapkan program perlindungan sosial.

“Nah itu mereka melaksanakan program-program trauma healing terutama pada anak-anak yang terkena dampak bencana. Kemudian program yang kedua yang ditegaskan kepada kementerian sosial, dalam kaitan dengan ini khususnya untuk NTB dan daerah-daerah yang terkena bencana kami memberikan program-program PKH (Program Keluarga Harapan), Rastra (Beras Sejahtera) dan lain sebagainya. Program-program bansos (bantuan sosial).”

Menteri Agus lebih lanjut menjelaskan, kedepannya pihaknya juga merancang program-program lain untuk Nusa Tenggara Barat dan saat ini masih dibahas di Kabinet. Pemerintah menginginkan para korban dampak bencana kembali ke rumah mereka dengan kondisi kejiwaan yang sehat. Saat ini 80 ribu rumah sedang disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan ditargetkan selesai 6 bulan kedepan.  Pembangunan terkait fasilitas umum dan sosial ditargetkan 1 tahun kedepan. Dalam masa tanggap darurat Kementerian Sosial menyiapkan anggaran sekitar 250 milyar rupiah dan akan ada penambahan kedepannya. (voi/yorike)

Read 398 times Last modified on Friday, 07 September 2018 14:36