Saturday, 29 September 2018 13:10

TNI AU Kirim Bantuan Alat Kesehatan ke Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)
rro.co.id rro.co.id

 

Tentara Nasional Indonesia–Angkatan Udara (TNI-AU) menurunkan sejumlah personil serta awaknya untuk bantuan pasca gempa dan tsunami di Donggala dan Palu Sulawesi Tengah, Sabtu, 29 September 2018. C-130 Hercules TNI AU dari Skuadron Udara 31 TNI AU dan Skuadron Udara 32 TNI AU disiapkan di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menurut Kepala Pusat Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Novyan Samyoga pesawat tersebut ditugaskan untuk mengangkut logistik berupa alat–alat kesehatan dan alat–alat lain untuk keperluan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan.

“Yang pertama adalah membawa alat–alat kesehatan, tenda kemudian berbagai alat–alat yang dibutuhkan untuk mengatasi misalnya itu kan semua kaya beton–beton dan sebagainya itulah yang digunakan, alat–alat. Nanti setelah ini rombongan berikutnya baru kita bicara logistik.”

Sebelumnya, Panglima TNI menyatakan bahwa pihaknya telah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan tindakan bantuan sesegera mungkin di wilayah terdampak bencana. Oleh karena itu, TNI AU terlebih dahulu melakukan pemantauan udara untuk memetakan tingkat kerusakan di wilayah yang diguncang bencana, termasuk untuk memastikan kondisi landasan dan fasiltas pendukungnya yang akan didarati pesawat C-130 Hercules yang membawa bantuan. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan, maka pesawat akan dialihkan ke Mamuju. (VOI/Rezha)

Read 612 times Last modified on Saturday, 29 September 2018 19:34