Wednesday, 24 October 2018 13:17

Forum Geopolitik Jakarta Diharapkan Hasilkan Terobosan Geopolitik Masa Depan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo Rabu di Jakarta berharap agar Forum Geopolitik Jakarta atau Jakarta Geopolitical Forum dapat mendorong upaya dalam membangun ketahanan geopolitik di seluruh kawasan di dunia. Ia mengatakan, forum yang membawa tema Memetakan Masa Depan Geopolitik tersebut juga diharapkan dapat menciptakan terobosan baru dalam membentuk kesimbangan kepentingan antar Negara di seluruh dunia.   

Agus Widjojo juga menyampaikan bahwa dengan tujuan mendorong pembangunan geopolitik global dan regional, Forum yang diselenggarakan untuk kali kedua ini diharapkan juga dapat memberikan pengaruh dalam perubahan dunia tata kelola .

‘’While the purpose and objective of this forum is to provide a description of global and regional geopolitical developments as well as the impact and influence on changes in the new world order or disorder.  Hopefully the result of this discussion can have an impact on our expectations to build a better world through establishing geopolitical resilience in all region of the world. Not only for the solution of critical issues but also for creating a new breakthrough for shaping a new world by establishing a balance of interest, rather than a balance of power.

Sementara tujuan dan sasaran forum ini adalah untuk memberikan deskripsi perkembangan geopolitik global dan regional serta dampak dan pengaruh pada perubahan dalam tatanan atau gangguan dunia baru. Semoga hasil dari diskusi ini dapat berdampak pada harapan kami untuk membangun dunia yang lebih baik dengan membangun ketahanan geopolitik di semua wilayah di dunia. Tidak hanya untuk solusi isu-isu kritis tetapi juga untuk menciptakan terobosan baru untuk membentuk dunia baru dengan membangun keseimbangan kepentingan, bukan keseimbangan kekuasaan’’.

Forum Geopolitik Jakarta atau Jakarta Geopolitical Forum diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Forum ini dihadiri oleh sejumlah pakar geopolitik, baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa poin yang menjadi pembahasan dalam forum sehari tersebut antara lain ekonomi politik, perdamaian dan keamanan dunia serta isu kemanusiaan.

Sebanyak lebih kurang 400 peserta hadir dalam forum yang membahas masa depan geopolitik dunia tersebut dari berbagai latar belakang termasuk akademisi, praktisi, birokrat, pengusaha dan politisi. Forum Geopolitik Jakarta dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. ndy

Read 535 times Last modified on Friday, 26 October 2018 11:51