Thursday, 25 October 2018 08:53

Indonesia Dorong Penyebaran Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi VOI-ANDY

 

Pemerintah Indonesia menginisiasi pembentukan pusat-pusat ekonomi baru di dunia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Rabu di Jakarta menjelaskan, penyebaran pusat pertumbuhan ekonomi baru di dunia nantinya akan mendorong pemerataan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan dunia.Terkait hal ini, Retno menjelaskan, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan terbangunnya komunikasi yang baik antara Negara-negara di kawasan Pasifik dengan Negara-negara di kawasan pesisir Samudera Hindia. Menurutnya, hubungan yang baik antara Negara-negara Pasifik dan Pesisir Samudera Hindia, selain akan meningkatkan kesejahteraan dunia, juga dapat mendorong terciptanya perdamaian antar kawasan.

“Dengan meng-connect-kan antara Pasifik dan Indian Ocean yang kita harapkan adalah bahwa akan terjadi pusat pertumbuhan baru di Indian Ocean Rim. Karena kalau terjadi penyebaran pusat pertumbuhan ekonomi baru harapannya berarti akan terjadi kenaikan in terms of kesejahteraan. Dan kesejahteraan itu pasti akan saling terkait dengan masalah perdamaian dsb,” kata Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lebih lanjut menyampaikan, terkait hal itu,  pemerintah Indonesia saat ini sedang menjalin komunikasi yang intensif, bukan hanya dengan Negara-negara Pasifik dan Pesisir Samudera Hindia, namun juga dengan Negara-negara mitra seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, India, Australia dan Korea.

Selain itu menurutnya, Indonesia juga membangun komunikasi dengan Negara-negara ASEAN dalam upaya pengembangan konsep tersebut. Dirinya pun menekankan bahwa kerjasama antar Negara merupakan hal mutlak yang harus dibangun dibandingkan dengan membangun persaingan antar Negara. (VOI/ndy/FL)

Read 388 times Last modified on Thursday, 25 October 2018 08:58