Friday, 09 November 2018 09:53

Presiden RI Akan Hadiri KTT ASEAN ke-33 di Singapura

Written by 
Rate this item
(0 votes)
foto : Antara foto : Antara

 

Presiden RI, Joko Widodo akan menghadiri sesi pleno dari Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara atau KTT ASEAN ke-33 pada 13 Nopember  di Sun City, Singapura. Ia akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi. Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kementerian Luar Negeri, Benny Siahaan kepada media di Jakarta, Kamis (8/11) mengatakan Presiden Joko Widodo akan menyampaikan berbagai pandangan Indonesia dalam sesi tersebut diantaranya mengenai krisis di kawasan termasuk krisis kemanusiaan di Rakhine State.

“Pada tanggal 13 Nopember itu merupakan sesi pleno, disitu Presiden akan menyampaikan pentingnya ASEAN sebagai sebuah keluarga terutama menghadapi krisis yang terjadi di kawasan. Kedua, ASEAN masih akan membantu Myanmar untuk selesaikan krisis kemanusiaan di Rakhine State, juga mengenai konsep Indopacific. Untuk KTT kali ini ada sekitar 7 outcomes yang akan disahkan”

Menurut Benny Siahaan, 7 outcomes yang akan dihasilkan tersebut antara lain kerangka smart cities yang diajukan Singapura, deklarasi Asean untuk mendukung lapangan kerja yang inklusif dan setara, pernyataan bersama mengenai perubahan iklim, dan deklarasi untuk panduan asistensi kekonsuleran. Sementara itu, pada tanggal 14 Nopember akan ada pertemuan ASEAN dengan negara-negara mitranya yaitu pertemuan ASEAN-Australia, ASEAN-Cina, ASEAN-Rusia dan ASEAN-Jepang. Adapun pada pada tanggal 15 Nopember akan diadakan pertemuan ASEAN-Amerika Serikat dan ASEAN +3 serta Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur atau East Asia Summit. Dalam pertemuan ASEAN-Rusia nanti, Indonesia akan bertindak sebagai koordinator dan Presiden Joko Widodo akan menyerahkan ASEAN common statement yang berisi pandangan-pandangan negara ASEAN terhadap Rusia. (voi/viqran)

Read 412 times Last modified on Friday, 09 November 2018 13:14