Saturday, 10 November 2018 09:51

Rekomendasi UNESCO MOST Akan Dibawa ke Tingkat Lebih Tinggi

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Spesialis Program untuk Unit Pengetahuan Sosial dan Humaniora UNESCO Jakarta, Irakli Khodeli, di Pekanbaru, Jumat (9/11) mengatakan, hasil dari rangkaian Akademi Manajemen Transformasi Sosial UNESCO atau UNESCO MOST Academy akan dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi, termasuk ke tingkat pemerintah. Menurutnya, MOST Academy akan memberikan model tentang transformasi sosial, terutama terkait pengendalian polusi kabut asap yang kerap terjadi di Indonesia. UNESCO MOST Academy telah mengumpulkan sejumlah peserta yang datang dari berbagai latar belakang terkait penanganan polusi kabut asap akibat kebakaran hutan. Oleh karena itu, dirinya berharap hasil dari UNESCO MOST nantinya akan berdampak lebih luas terhadap penanganan terjadinya polusi kabut asap.

Kami menyusun model transformasi berkelanjutan dari lingkungan berkabut ke lingkungan yang sehat. Dan model ini akan didasarkan pada pembelajaran dari proyek ini sehingga kami memiliki bukti tentang apa yang berhasil dilakukan. Kami kemudian akan memanggil para pemangku kepentingan utama di Jakarta, Kementerian Kehutanan dan Sumber Daya Alam, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Restorasi Gambut, Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa. Jadi kami akan mempertemukan mereka, kami akan memperagakan model ini dan kami akan putuskan bagaimana untuk membawanya ke tingkat yang lebih tinggi. Tingkat yang lebih tinggi maksudnya lingkup yang lebih luas, penyebaran luas untuk dampak yang lebih tinggi. Sehingga kita bisa membalikkan terjadinya kabut asap ini.”

Lebih lanjut Irakli Khodeli menyebutkan, Indonesia diprediksi akan terkena dampak elnino di tahun mendatang. Oleh karena itu menurutnya, model penanganan polusi kabut asap yang dihasilkan dari UNESCO MOST Academy tersebut harus secepatnya dibawa ke pembahasan yang lebih tinggi, agar Indonesia dapat menekan dampak buruk dari datangnya elnino di tahun mendatang, termasuk dampak polusi kabut asap dari kebakaran hutan. (ndy) 

       

Read 503 times Last modified on Monday, 12 November 2018 08:31