Tuesday, 04 December 2018 12:29

RRI Gelar Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2018

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Radio Republik Indonesia bekerjasama dengan Panitia Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2018 menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2018. Seleksi telah dilaksanakan dari Agustus hingga November 2018. Lomba ini sudah diselenggarakan untuk ke enam kalinya sejak tahun 2012. Ditemui setelah jumpa pers di Galeri Tri Prasetya RRI, Senin, (3/12), Ketua Lomba Cipta Lagu Daerah, Sapta Nirwandar, mengatakan kegiatan ini juga sekaligus menggali potensi kreatif musisi-musisi daerah dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lagu daerah.

“Target idealis kita tidak hanya melestarikan, tapi juga kita mengembangkan nilai-nilai bahasa daerah yang tadi kita lihat juga ada sebagian yang sudah mulai punah, kita coba untuk bangkitkan lagi kecintaan kita.”

Sapta Nirwandar lebih lanjut mengatakan perlu upaya untuk menggugah kembali masyarakat, terutama kalangan remaja untuk mencintai dan bangga akan lagu-lagu daerah melalui promosi dan berbagai lomba lagu-lagu daerah. Sapta menambahkan, agar lagu-lagu daerah dapat mudah dicerna oleh generasi milenial, dibutuhkan kemasan dan aransemen yang bagus sehingga lagu-lagu daerah menjadi enak didengar dan enak dilihat serta dapat memberikan dampak positif terhadap kecintaan akan lagu daerah. Lomba Cipta Lagu Pop Daerah diikuti oleh 108 lagu. Dari 108 lagu, terpilih 33 lagu pop daerah di babak penyisihan dan 10 lagu untuk maju ke babak final. Babak Final Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2018 akan dilaksanakan di Auditorium Abdurrahman Saleh RRI dan disiarkan di RRI pada 6 Desember 2018. (VOI/AHM/edit r)

Read 717 times Last modified on Tuesday, 04 December 2018 15:52