Thursday, 10 January 2019 11:50

Menlu RI Sampaikan Komitmen Indonesia di DK PBB

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia telah diakui oleh masyarakat internasional. Sebagai Negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, yang bahkan diatur dalam konstitusi, Indonesia terus berkomitmen untuk berperan maksimal di dunia internasional. Terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020, menjadi momentum bagi Indonesia untuk tidak hanya berperan besar dalam menyuarakan kepentingan dalam negeri, tapi juga yang berkaitan dengan berbagai masalah global. Hal itu juga menjadi salah satu prioritas Indonesia yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada pelaksanaan Pernyataan Pers Tahunan di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (9/1). Menurut Menteri, Indonesia paham betul dengan adanya berbagai tantangan dalam kemapanan dunia. Indonesia mengedepankan kerja sama dan kolaborasi dengan Negara lain, untuk menghadapi berbagai tantangan global itu.

Waktunya telah tiba bagi Indonesia, bersama anggota Dewan Keamanan PBB lainnya, dengan dukungan seluruh anggota PBB untuk bekerja keras berkontribusi bagi perdamaian dunia.”

Pada kesempatan yang sama, pakar hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, mengatakan, Indonesia tidak hanya mengajukan kerja sama persaudaraan dan kekompakan, tetapi dinilai juga perlu melakukan identifikasi berbagai permasalahan yang terjadi secara global dalam bulan pertama menjalankan perannya di Dewan Keamanan PBB. Retno M.

Read 432 times Last modified on Friday, 11 January 2019 14:20