Friday, 11 January 2019 10:15

Tahun Ini Inggris akan Buka Kedubes untuk ASEAN

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris, Simon McDonald, mengatakan, Inggris menargetkan segera memiliki kedutaan besar untuk ASEAN dan menunjuk duta besar definitif pada tahun ini. Usai bertemu dengan wakil sekjen ASEAN bidang keamanan dan politik, Hoang Anh Tuan dan bidang komunitas ekonomi, Aladdin D. Rillo di sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis, (10/1), Simon McDonald, mengatakan, kedubes Inggris untuk ASEAN akan berlokasi di kedubes Inggris di Jakarta, serta sementara waktu dubes Inggris di Jakarta, Moazzam Malik ditunjuk sebagai dubes Inggris untuk ASEAN.

“Jadi saya bisa memberi tahu wakil sekretaris jenderal bahwa kami tahun ini akan menunjuk seorang duta besar yang didedikasikan untuk ASEAN, sebagai wadah untuk membicarakan tentang peningkatan hubungan Inggris dengan ASEAN. Sejauh ini hubungan antara Inggris dan ASEAN telah diwakili oleh Uni Eropa. Saat kami tidak lagi berada di Uni Eropa, kami harus melakukan ini sendiri. Ini adalah sinyal bahwa kami tidak sekedar ingin melakukannya tetapi ingin melakukannya dengan serius.”

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris, Simon McDonald berada di Jakarta untuk menghadiri Pertemuan Tahunan bersama para Duta Besar Inggris di negara-negara ASEAN. Menurut McDonald mereka membahas antara lain adanya pergeseran geopolitik di kawasan dan kebangkitan Tiongkok, serta berbagai hal yang bisa dilakukan Inggris untuk mendukung ASEAN bagi kesejahteraan dan memastikan keamanan di kawasan. Simon McDonald menambahkan, pada pertemuan yang berlangsung 2 hari itu turut dibahas tentang meningkatkan kerjasama dengan ASEAN pada bidang perdagangan dan investasi, keamanan dan pertahanan, siber dan fintech, pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, serta HAM dan demokrasi di kawasan ASEAN. (voi/retno/edit r) REVISI   DITAMBAHIN KALIMAT YANG PERTAMA 

Read 489 times Last modified on Friday, 11 January 2019 14:02