Friday, 08 February 2019 13:05

Presiden Serahkan SK Perhutanan Sosial di Cianjur

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Presiden Joko Widodo menyerahkan Surat Keputusan pengelolaan hutan sosial di kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut dibagikan sebanyak 42 Surat Keputusan kepada 8941 kepala keluarga untuk pengelolaan 13.976 hektar lahan hutan. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berharap agar lahan hutan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi lahan produktif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Masyarakat yang menerima surat keputusan pengelolaan hutan sosial tersebut dapat memanfaatkan lahan hutan menjadi lahan produktif hingga 35 tahun.

Bapak Ibu sekalian yang saya hormati, memang negara kita ini subur. Mau ditanam apa di setiap tempat berbeda-beda itu bisa. Mau tanam kopi silakan, mau tanam padi silakan, tadi mau duren silakan, untuk jagung silakan, pala silakan. Tapi memang kita harus kerja keras, dipelihara yang benar, diawasi, jangan sampai kena hama, jangan sampai tanaman kita enggak terawat, kalau kurang diberi pupuk dikit-dikit, ya memang harus seperti itu. Inilah tugas kita bersama untuk menjadikan setiap lahan yang kita miliki itu produktif. Jangan sampai lahan yang sudah kita berikan, tadi di Jawa Barat 13.900 hektare, tapi tidak produktif. Harus semuanya produktif. Dan sebentar lagi, bulan depan kita berikan lagi karena sudah numpuk lagi ada yang untuk Jawa Barat sudah mau kita berikan lagi. Terus akan kita kerjakan, tidak hanya di Provinsi Jawa Barat, tapi juga di provinsi-provinsi yang lain.

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan bahwa realisasi distribusi pemberian akses kelola kepada masyarakat di seluruh Indonesia hingga 31 Januari 2019 mencapai lebih dari 2 juta 5 ratus hektar. Jumlah tersebut terbagi pada sebanyak 5.444 unit SK bagi 601.892 kepala keluarga. Pada penyerahan sertifikat yang dilaksanakan di kabupaten Cianjur, diserahkan surat keputusan pengelolaan hutan sosial kepada masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat, antara lain kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Garut, Indramayu, Bandung, Bandung Barat, Pangandaran, Sumedang, Tasikmalaya. (Ndy)

Read 437 times Last modified on Friday, 08 February 2019 14:29