Friday, 01 March 2019 14:43

Indonesia Resmi Berikan Nol Tarif Bagi Komoditas Impor dari Palestina

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Indonesia Resmi Berikan Nol Tarif Bagi Komoditas Impor dari Palestina foto : rri.co.id

 

Pemerintah Indonesia pada Kamis, 28 Februari, resmi memberlakukan nol tarif bagi komoditas impor Palestina. Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, Duta Besar Palestina di Jakarta, Zuhair al Shun dan Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir, melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis terkait dimulainya penghapusan tarif tersebut. Dalam tahap awal, implementasi keputusan tersebut diterapkan bagi komoditas kurma dan minyak zaitun yang menurut rencana akan mulai diekspor sebelum pelaksanaan Ramadhan tahun ini. Dalam keterangan persnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mengatakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menegaskan “nol tarif” berlaku bagi komoditas lainnya asal Palestina dan tanpa studi kelayakan seperti perjanjian perdagangan pada umumnya dengan negara lain.

Namanya berteman, namanya bersaudara tidak ada itung rugi. Bahkan tadi bapak wakil presiden menegaskan lagi, apa lagi yang Palestina mau ekspor, sudah langsung beliau perintahkan, yang palestina akan ekspor ke Indonesia, zero tariff.

Sementara itu Duta Besar Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun, menyambut baik keputusan dari pemerintah Indonesia yang telah lama dinanti itu. Pihaknya juga sudah menyerahkan daftar komoditas lainnya yang dinilai berpotensi untuk diberikan penghapusan tarif di Indonesia. Kementerian perdagangan mencatat selama ini volume perdagangan Indonesia – Palestina baru mencapai 3,5 juta dolar Amerika Serikat. Palestina merupakan negara tujuan ekspor Indonesia ke-164. Komoditas ekspor utama ke Palestina antara lain kopi, teh, pasta, roti, parfum dan sabun. Sementara itu, Palestina adalah negara sumber impor ke-162 bagi Indonesia, dengan komoditas impor utama yaitu kurma. (voi/retno)

Read 512 times Last modified on Friday, 01 March 2019 15:43