Wednesday, 25 September 2019 15:23

Industri Pariwisata Semakin Diminati Traveller

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Industri Pariwisata Semakin Diminati Traveller VOI-RIZKY FIRDAUS

Industri pariwisata di Indonesia semakin menjanjikan. Bentang alam yang indah, ditambah dengan beragam tradisi serta budaya yang memukau, berhasil menarik perhatian wisatawan domestik maupun dunia. Hal ini dibuktikan dengan data yang dirilis oleh Google, bahwa penelusuran terkait pariwisata meningkat sebesar 39 persen sejak awal 2018 menurut Google Trends.


Industry Manager Google Indonesia Zulfi Rahardian, di Jakarta, Selasa (24/9/2019) mengatakan, Data di Google Search dalam 18 bulan terakhir menunjukkan lonjakan dalam industri wisata di Indonesia.  

“Jadi di sini kita akan coba bahas tentang potensi digital ekonomi untuk pariwisata online di Asia Tenggara, spesialy di Indonesia. Jadi klo kita liat Indonesia adalah negara terbesar untuk pariwisata online di Asia Tenggara. Jadi kalau berdasarkan hasil riset google temasek yang tahun lalu, itu ada sekitar total transaksi flight dan hotel yang di lakukan di online ada sekitar delapan koma enam miliar USD. Itu total penetrasi atau sering dikenal growth's value. Jadi kalau kita lihat dibeberapa tahun terakhir pertumbuhan itu mencapai 20 persen dan kita ekspek untuk beberapa tahun kedepan sampai tahun 2025 setiap tahunnya masih akan tumbuh sebanyak 17 persen. Jadi ini menggambarkan besarnya potensi pariwisata online di Indonesia,” kata Zulfi Rahardian.


Asisten Deputi Manajemen Strategis Kementerian Pariwisata Ari Prasetyo mengatakan sekitar 70 persen proses pariwisata dilakukan lewat digital, mulai dari pencarian, penelurusan, hingga pemesanan tiket dan akomodasi. Peningkatan industri pariwisata secara online di Indonesia ini didorong sejumlah faktor, salah satunya pertumbuhan online travel aggregator (OTA) yang menawarkan berbagai fitur dan layanan untuk para wisatawan. (Voi/RizkyF)

Read 718 times