Thursday, 04 January 2018 15:21

Hari Ini Dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOI HARI INI DALAM SEJARAH Hari ini Dalam Sejarah diawali dengan kemerdekaan Myanmar yang jatuh pada tanggal 4 Januari 1948, Myanmar, yang pada waktu itu bernama Birma, berhasil meraih kemerdekaan dari Inggris. Sejak abad ke-16, negara-negara Eropa, di antaranya Inggris, Belanda, dan Perancis, telah berebut sumber alam Myanmar yang kaya. Setelah terjadinya dua perang besar antara rakyat Myanmar melawan para penjajah, pada pertengahan abad ke -19, Inggris menguasai Myanmar secara resmi dan menyatukan Myanmar dengan India. Pada era Perang Dunia Kedua, Myanmar diduduki Jepang. Era pendudukan Jepang ini dimanfaatkan rakyat Myanmar untuk mengorganisir gerakan kemerdekaan mereka, dengan mendirikan Liga Rakyat Merdeka Anti-Fasis (AFPFL) di bawah pimpinan Aung San. Setelah Jepang kalah, Inggris kembali ke Myanmar, namun karena melihat AFPFL telah berpengaruh besar di tengah rakyat, akhirnya Inggris sepakat untuk menyerahkan kemerdekaan kepada Myanmar. Maka ditetapkanlah tanggal 2 Januari 1948.

Beralih ke tanggal 4 Januari 1999, untuk pertama kalinya zona Eropa bersatu dalam kesatuan mata uang "Euro."  

Sebelas anggota Uni Eropa (EU), yakni Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Portugal, dan Spanyol, berharap satu mata uang ini akan meningkatkan integrasi Eropa dan meningkatkan perekonomian. Di hari perdananya, Euro ditutup dengan nilai cukup kuat yakni US$1,17. Secara rancang desain, mata uang ini didekorasi imaji dan simbol persatuan Eropa. Lengkap dengan motif-motif yang mewakili negara anggotanya. Namun baru pada 1 Januari 2002, Euro yang terdiri dari delapan uang koin dan tujuh uang kertas, resmi beredar. Meski demikian, satu mata uang bukannya tanpa kontroversi. Ada kekhawatiran jika proses perubahan ini akan menimbulkan kekacauan, mahal, dan mengakibatkan inflasi. Bahkan juga bisa membuat sebuah negara kehilangan kontrol kebijakan ekonominya. Inilah yang membuat Britania Raya, Swedia, dan Denmark memilih tidak mau menggunakan mata uang Euro. 

Diakhiri hari ini Dalam Sejarah yang jatuh pada tanggal 4 Januari 2004 - Spirit, sebuah wahana penjelajah Mars dari NASA, mendarat di Mars. Spirit, sebutan misi Mars Exploration Rover - A atau MER-A, merupakan yang pertama dari 2 wahana penjelajah dalam proyek Mars Exploration Rover. Spirit mendarat tanpa masalah di Mars pada 4 Januari 2004, 3 minggu sebelum wahana kembarannya Opportunity mendarat di sisi lain planet tersebut. Spirit terus berfungsi secara efektif 20 kali lebih lama daripada yang direncanakan. Pada tanggal 1 Mei 2009, Spirit terjebak di tanah lembek dan rodanya tak dapat bergerak. Spirit terus melanjutkan riset ilmiahnya dari tempatnya terjebak sampai komunikasi dengan bumi berhenti pada 22 Maret 2010. 

Read 1105 times Last modified on Thursday, 04 January 2018 16:03
More in this category: Hds »