Saturday, 03 October 2020 07:39

Hari Ini Dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Hari ini Dalam Sejarah. Kami awali dengan peristiwa tanggal 3 Oktober 1932, Irak meraih kemerdekaan dari Inggris.

Dalam sejarahnya, Irak merupakan bagian dari Kesultanan Oman. Di tahun 1920, Irak kemudian berada di bawah jajahan Inggris selama perang dunia I.

Pada 3 Oktober 1932, Irak memperoleh kemerdekaannya dari Inggris dan berdiri sebagai sebuah Kerajaan.


Tahun 1958, bentuk monarki ditinggalkan dan dideklarasikan menjadi Republik Irak. Sejak 1968 hingga 2003, Irak dikuasai oleh Partai Sosialis Baath di bawah rezim pemerintahan Saddam Hussein.

Invasi Amerika Serikat pada 2003 menjatuhkan Saddam Hussein dan digantikan oleh pemerintahan Sistem Parlementer Multi-Partai yang kemudian membentuk pemerintahannya berdasarkan hasil Pemilihan Umum Parlemen.

Musik

Kita beralih ke peristiwa tanggal 3 Oktober 1942, A V-2 A4, Roket Pertama yang Menembus Luar Angkasa


Tanggal 3 Oktober 1942 menjadi tonggak awal sejarah penerbangan ke luar angkasa. Pada hari itu, untuk kali pertama, roket berhasil melesat menembus atmosfer dan menjangkau luar angkasa.

Ini adalah benda ciptaan manusia pertama yang berhasil masuk antariksa. Jerman selaku negara pertama yang menyukseskan misi tersebut. Jerman yang kala itu dipimpin Adolf Hitler tengah gencar melakukan pengembangan rudal balistik jarak jauh.

Roket bernama A V-2 A4 seberat 2 ton ini dirancang oleh ilmuwan Jerman, Wernher von Braun. Ciptaannya tersebut diakui dunia internasional dan kemudian digunakan dalam Perang Dunia II.

Musik

Kita akhiri Hari Ini Dalam Sejarah dengan peristiwa tanggal 3 Oktober 1990, Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu.


Pasca kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II, Jerman Barat dan Jerman Timur berpisah selama 45 tahun. Pada 1949, Jerman Barat dan Jerman Timur masing-masing mendirikan sebuah negara tersendiri dengan bentuk pemerintahan dan sistem ekonomi yang berbeda.

Pada 1961, Soviet mendirikan Tembok Berlin dengan tujuan mencegah rakyat Jerman Timur melarikan diri ke Jerman Barat. Harapan untuk Penyatuan kembali Jerman tiba-tiba muncul kembali dengan reformasi politik yang digagas oleh pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev pada tahun 1985.

Diruntuhkannya tembok Berlin pada 1989 sebagai dampak reformasi memunculkan harapan baru penyatuan Jerman. Pada tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Timur secara resmi dipersatukan.

Sekian Hari Ini Dalam Sejarah.

Read 544 times Last modified on Saturday, 03 October 2020 17:22