Friday, 02 October 2020 07:23

Hari Ini Dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI HDS Hari Ini dalam Sejarah. Kami awali dengan peristiwa tanggal 2 Oktober 1941, Pertempuran Moskwa dimulai.

Pertempuran Moskwa merujuk kepada upaya pertahanan ibukota SovietMoskwa dan serangan balik terhadap pasukan Jerman yang berlangsung pada Oktober 1941 dan Januari 1942. Pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman bersama sekutunya menyerang Uni Soviet secara mendadak. Setelah berhasil menghancurkan sebagian besar kekuatan udara Uni Soviet pada saat masih berada di daratan, pasukan Jerman berhasil masuk jauh ke dalam wilayah Soviet dengan menggunakan taktik perang kilat atau blitzkrieg. Pada tanggal 2 Oktober 1941, Kelompok Pasukan Tengah dibawah Marsekal Fedor von Bock menyerang Moskwa dengan kode Operasi Topan. Tentara Merah di front Barat, front cadangan, front Bryansk, dan front Kalinin mempertahankan wilayah Moskwa. Meski menderita banyak korban jiwa, namun mereka tetap bertempur mati-matian.

Musik …    

Beralih ke peristiwa  tanggal 2 Oktober 2007- Hari Tanpa Kekerasan Internasional diperingati untuk pertama kali.

Hari Tanpa Kekerasan Internasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober, bertepatan dengan hari ulang tahun Mahatma Gandhi. Ia adalah adalah aktivis perdamaian yang mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Pada tanggal 15 Juni 2007 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional. Resolusi yang dibuat Majelis Umum PBB tersebut meminta semua negara anggota PBB untuk memperingati 2 Oktober dan menyebarkan pesan anti kekerasan.

Musik...

Kami  akhiri dengan peristiwa tanggal 2 Oktober 2009, Batik ditetapkan sebagai Warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Pada 2 Oktober 2009, Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan atau UNESCO mengesahkan batik  sebagai warisan budaya dunia. Batik masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Sebagai apresiasi atas pengakuan Internasional terhadap batik, pemerintah Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Batik Indonesia yang dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia, memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah.

Sekian hari ini dalam sejarah. 

Read 626 times Last modified on Friday, 02 October 2020 08:04