Saturday, 17 October 2020 08:01

Hari Ini Dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Hari Ini Dalam Sejarah.  Kami awali dengan peristiwa tanggal 17 Oktober 1947, Hari Jadi Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara.


Pada tanggal 17 Oktober 1947, sebuah pesawat pengangkut Dakota yang terbang dari Landasan udara Maguwo, Jogjakarta, melintas di langit Kalimantan.

Pesawat Dakota ini menerjunkan 13 pasukan terbaik Angkatan Udara Indonesia di atas Kotawaringin.

Misi yang mereka emban adalah membuka hubungan radio antara daerah dan pusat, mempersiapkan dropping zone untuk persiapan penerjunan berikutnya, membantu pejuang di Kalimantan.

Misi ini membuka mata dunia bahwa Kalimantan adalah bagian dari Republik Indonesia.

Penerjunan yang dilakukan oleh 13 prajurit Angkatan Udara Indonesia ini menandai lahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara. Tanggal 17 Oktober kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara.

Musik

Kita beralih ke17 Oktober 1973, peristiwa Embargo Minyak Arab.


17 Oktober 1973, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang sebagian besar anggotanya terdiri atas negara-negara Arab, memulai embargo minyak mereka terhadap Amerika, Inggris, dan negara-negara lain yang menjual minyak kepada Israel.

Embargo itu dilakukan karena Amerika dan Inggris dianggap memberikan bantuan militer secara besar-besaran kepada pihak Israel dalam perang antara Israel dan Suriah serta Mesir yang dimulai 6 Oktober tahun yang sama.

Akibatnya, harga minyak menjadi semakin tinggi dan negara-negara Barat mendapat kesulitan besar akibat embargo yang dikenal dengan periode oil shock itu.

Pada Maret 1974, embargo tersebut ditarik kembali setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Henry Kissinger, berhasil melakukan negosiasi perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Suriah.

Musik

Kami akhori dengan peristiwa tanggal 17 Oktober, Peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia.


Peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia diakui Perserikatan Bangsa Bangsa pada 1992.

Pertama kali peringatan ini digelar di Paris, Prancis pada 1987. Ketika itu 100 ribu orang berkumpul di Human Rights and Liberties Plaza di Trocadero untuk menghormati korban kelaparan, kemiskinan, kekerasan, dan ancaman.

Mereka menyatakan kemiskinan adalah kekerasan terhadap hak asasi manusia. Setelah itu, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Masyarakat dunia pun merayakan peringatan tersebut dengan berbagai acara.

Sekian Hari Ini Dalam Sejarah.

Read 539 times Last modified on Saturday, 17 October 2020 18:32
More in this category: « Hds Hds »