Monday, 28 September 2020 00:00

Hds

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOI HDS Hari ini Dalam Sejarah kami awali dengan peristiwa tanggal 28 September 1928-Alexander Fleming menemukan penisilin.

Sir Alexander Fleming adalah ilmuwan Skotlandia yang berhasil menemukan penisilin, yaitu sejenis antibiotik yang dihasilkan oleh jamur Penicillium notatum pada 28 September 1928. Zat temuannya ini dapat digunakan untuk membunuh banyak jenis bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bersama dengan Ernst Chain dan Howard Florey, Fleming menerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran pada 1945.

Kami beralih ke tanggal 28 September 1945, Hari Kereta Api Indonesia.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang. Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api Indonesia. Kini perusahaan negara tersebut bernama PT.KAI.

Kami akhiri Hari Ini dalam Sejarah dengan tanggal 28 September 1995- Perjanjian Damai Israel-Palestina.

Pada 28 September 1995, Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan pemimpin Organisasi pembebasan palestina-PLO, Yasser Arafat menandatangani Kesepakatan Interim Israel-Palestina di Washington DC, Amerika Serikat. Di bawah kesepakatan ini, para pemimpin PLO bisa kembali ke daerah pendudukan dan bangsa Palestina memperoleh hak otonomi yang lebih luas di Tepi barat. Imbalannya adalah mengakui keberadaan Israel dan meninggalkan cara-cara kekerasan dalam perjuangan. Namun, kesepakatan ini ditentang Hamas dan sejumlah faksi radikal Palestina yang siap melakukan perjuangan bersenjata, termasuk aksi bom bunuh diri di Israel demi membebaskan Palestina. Sekian, Hari Ini Dalam Sejarah.

Read 710 times Last modified on Monday, 28 September 2020 17:38
More in this category: Hari Ini Dalam Sejarah »