Thursday, 19 April 2018 00:00

Rendang, hidangan daging khas Minangkabau yang mendunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, akan memperkenalkan Rendang, hidangan daging khas Minangkabau yang mendunia.

Rendang (bahasa Minang : Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau , Sumatra Barat yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Masakan dengan cita rasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah makan Padang di Indonesia, Malaysia ataupun di negara lainnya. Rendang terkenal di seluruh Indonesia bahkan kelezatannya sudah sampai ke dunia internasional . Hal ini terbukti dengan dinobatkannya rendang Sumatra Barat sebagai makanan paling lezat di dunia oleh survei yang dilakukan oleh CNN, bahkan sebuah Burger Restoran pernah membuat rendang Burger pada tahun 1987. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.

catatan mengenai rendang sebagai kuliner tradisional Minang mulai ditulis pada awal abad ke 19. Namun menurut Sejarawan dari Universitas Andalas, Padang Gusti Asnan, rendang diperkirakan telah ada sejak abad ke 16. Karena perjalanan melewati sungai dan memakan waktu lama, rendang mungkin menjadi pilihan tepat saat itu sebagai bekal. Hal ini karena rendang kering sangat awet, tahan disimpan hingga berbulan-bulan lamanya. Sehingga tepat dijadikan bekal kala merantau atau dalam perjalanan niaga.

Rendang juga disebut dalam kesusastraan Melayu klasik seperti Hikayat Amir hamzah . yang membuktikan bahwa rendang sudah dikenal dalam seni masakan Melayu sejak tahun 1550 atau pertengahan abad ke 16.

Rendang kian terkenal dan tersebar luas jauh melampaui wilayah aslinya berkat budaya merantau suku Minangkabau. Orang Minang yang pergi merantau selain bekerja sebagai pegawai atau berniaga, banyak diantara mereka berwirausaha membuka Rumah makan Padang di seluruh nusantara , bahkan meluas ke negara tetangga hingga Eropa dan Amerika.   Rumah Makan Padang inilah yang memperkenalkan rendang serta hidangan Minangkabau lainnya secara meluas .Demikian pengenalan tentang Rendang, hidangan daging khas Minangkabau yang mendunia. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner Indonesia.

Read 946 times