Sunday, 01 August 2021 12:13

IDN Global akan Gelar Kongres Tahun 2021

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)Diaspora Indonesia Network (IDN) Global akan menyelenggarakan Congress of Indonesian Diaspora 6 (CID 6) pada tanggal 14 Agustus 2021 mendatang. Penyelenggaraan Kongres diaspora kali ini akan dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Dengan membawa tema Post Covid-19 : A Stronger Indonesia with Diaspora, IDN Global meyakini CID 6 akan  menjadi wadah yang mempertemukan para pemangku kepentingan di dalam negeri dengan diaspora Indonesia di berbagai negara guna untuk dapat berkontribusi, terutama dalam menghadapi dunia pasca pandemi berakhir. 

Presiden IDN Global Said Zaidansyah dalam keterangan pers yang disampaikan secara virtual, Sabtu (31/07/2021) mengatakan, setiap negara harus melakukan penyesuaian usai wabah pandemi COvid-19 berakhir. Indonesia tidak terkecuali dan dirinya optimis, diaspora Indonesia dapat berkontribusi untuk itu.   

 “Kita mencoba untuk menyajikan pada kongres saat ini sebuah kegiatan yang juga kita harapkan bisa berdampak dan bisa membantu. Dalam menyajikan pemikiran-pemikiran ataupun masukan-masukan untuk Indonesia yang lebih baik. Karena semua negara itu harus melalui suatu proses adjustment dengan adanya pandemi seperti saat ini. Saya pikir Indonesia tidak akan terkecuali dari proses seperti itu. Dalam proses Indonesia menjadi negara yang lebih baik pasca Covid-19 maka peranan dari berbagai stakeholders itu menjadi sangat penting. Dan saya pikir salah satu stakeholder itu adalah diaspora.” 

Sementara itu Chairman Board of Trustee IDN Global Dino Patti Djalal menilai  Kongres Diaspora tahun ini dapat menjadi ajang untuk menampilkan kekuatan Diaspora Indonesia. 

  “Saya kira Kongres Diaspora tahun ini, kongres ke-6 ini merupakan peluang yang baik untuk meng-illustrate Diaspora power. Kita banyak bicara mengenai Diaspora Power. Apa itu maksudnya? Bukan power dari segi hard power tapi the power to connect, the power to create, the power to collaborate, and the power to contribute.”

Dino menjelaskan, selama ini Diaspora Indonesia telah banyak berkontribusi dalam keempat hal tersebut. Oleh karena itu dirinya berharap kongres diaspora tahun ini dapat dimanfaatkan oleh para diaspora untuk menyuarakan aspirasi kepada pemangku kepentingan dari pemerintah mengingat keterbatasan forum yang dapat mempertemukan kedua pihak. Kongres Diaspora Indonesia ke-6 akan dilaksanakan secara virtual. Secara keseluruhan, kongres Diaspora tahun ini akan diisi oleh sejumlah kegiatan, antara lain seminar, forum terbuka, dialog antara pemerintah dan diaspora, diaspora showcase serta penampilan musik yang akan menampilkan semangat berjuang ditengah pandemi.(Ndy)

Read 225 times Last modified on Sunday, 01 August 2021 12:29