Sunday, 21 January 2018 12:26

Jepang Apresiasi Hubungan RI-Jepang Yang Terjalin Berkat Kerjasama Berbagai Pihak Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)

                                                                                       

Indonesia dan Jepang merayakan Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di Jakarta, Sabtu (20/1). Peringatan tersebut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta beberapa menteri Kabinet Kerja. Sementara itu dari pihak Jepang, turut hadir Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. Dalam sambutannya, Toshihiro Nikai mengapresasi hubungan kedua negara yang terjalin berkat kerjasama berbagai pihak. Terkait hubungan Indonesia-Jepang selanjutnya, Toshihiro Nikai melalui interpreter mengatakan bahwa kedua negara harus menyusun langkah agar hubungan tetap terjaga dengan baik.

"Kita harus memikirkan langkah apa yang harus kita ambil untuk supaya hubungan Jepang dengan Indonesia untuk sepuluh tahun, dua puluh tahun ke depan, atau hingga tahun 2045, bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia, hubungan kedua negara tetap sangat panas dan bersahabat. Dan untuk itu, dengan bekerja sama dengan ERIA – Economic Research Institute for ASEAN and East Asia yang tahun ini menyambut 10 tahun setelah pendiriannya dan kita, kami akan merancangkan saran untuk hal itu dan mengadakan seminar pada tahun ini.

Sebelumnya, Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai menyebutkan pada tahun 2015 pihaknya telah mengundang lebih dari 1000 delegasi budaya, ekonomi, dan pariwisata Indonesia ke Jepang. Toshihiro Nikai pun berharap pertukaran generasi muda Indonesia dan Jepang bisa terus meningkat, salah satunya dengan mengundang 60 pemuda Indonesia dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatis kedua negara pada tahun ini.

Read 997 times Last modified on Monday, 22 January 2018 09:59