Friday, 01 July 2022 10:05

Presiden Jokowi Minta Jaminan Keamanan Rusia Bagi Jalur Ekspor Pangan Ukraina

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id) Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden Rusia  Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis, 30 Juni 2022. Kedua Kepala Negara membahas berbagai hal, diantaranya tentang penyelesaian damai perang Rusia-Ukraina dan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk akibat perang tersebut, yang bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo  dalam pernyataan pers bersama. usai pertemuan tersebut.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik.  Kemudian mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia”.

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden Putin kembali menegaskan, bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi dapat segera diperbaiki. Presiden  Jokowi  mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan semangat ini perdamaian dapat dicapai.(voi/marno)

Read 179 times Last modified on Friday, 01 July 2022 10:48