Wednesday, 26 October 2022 14:04

RRI Voice of Indonesia dan Kedutaan Besar Malaysia sepakat intensifkan program-program siaran yang menunjukan Kedekatan kedua Negara

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOI NEWS Kepala RRI Voice of Indonesia, Soleman Yusuf bertemu dengan Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia, Adlan Mohd Shaffieq di Kedutaan Besar Malaysia pada Rabu, 26 Oktober 2022. Pertemuan ini sebagai upaya untuk semakin mempererat hubungan RRI Voice of Indonesia dan Kedutaan Besar Malaysia yang sudah terjalin baik selama ini. Pada pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan cair, kedua belah pihak sepakat untuk semakin mengintensifkan kegiatan-kegiatan dan program-program yang menunjukan kedekatan dan persahabatan Indonesia dan Malaysia.

Adlan Mohd Shaffieq mengatakan, ketertarikan Kedutaan Besar Malaysia kepada RRI Voice of Indonesia dimulai ketika menjadi narasumber pada program talkshow “Diplomatic Forum”. Menurutnya, sangat menarik berkunjung ke studio Voice of Indonesia dan berkenalan dengan 9 desk-desk layanan Bahasa asing , “sejak itu saya menilai RRI Voice of Indonesia penting dan menarik untuk memberikan informasi terkait kedekatan kedua negara”. Dalam upaya memberikan informasi terkait pandemi dan pariwisata, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta juga telah ikut berpartisipasi pada Diplomatic Forum mengangkat tema “How the world can learn to live side by side with Covid 19” pada Selasa, 10 Mei 2022 di hotel Orchard industry Jakarta. Kala itu, Kedutaan Besar Malaysia diwakili oleh Conselor for Tourism, Junus Suhid. Adlan Mohd Shaffieq dan Soleman Yusuf juga bertukar cerita terkait kesamaan kuliner Indonesia dan Malaysia dan juga pengalaman masing-masing berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia dan Malaysia. Dari sisi sejarah, budaya, dan hubungan bilateral, kedua negara memiliki hubungan yang sangat erat.

Dalam upaya Voice of Indonesia sebagai siaran Internasional yang berfungsi sebagai second track diplomacy, pada minggu ketiga November 2022, akan dilaksanakan sarasehan di KJRI Kuching, Malaysia. Sarasehan ini akan membahas hal-hal terkait pelindungan Pekerja Migran Indonesia di sana dan akan dipandu oleh host senior Voice of Indonesia, Daulat Pane. Sarasehan ini akan melibatkan Voice of Indonesia, KJRI Kuching, Kementerian Ketenagakerjaan dan Pekerja migran Indonesia di Kuching. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi dan perkembangan terkini mengenai kebijakan-kebijakan terkait perlindungan pekerja migran.

Sebagai penutup, Adlan Mohd Shaffieq dan Soleman Yusuf sepakat untuk semakin menggiatkan program-program siaran dalam bentuk wawancara di studio, talkshow, peliputan dan kegiatan dialog yang mengangkat hubungan bilateral kedua negara. Pada pertemuan tersebut, Adlan Mohd Shaffieq didampingi oleh Minister Counsellor, Kedutaan Besar Malaysia, Juraida Abd Jamil dan Sekretaris Pertama, Ammil Affiq bin Jasmani. Pada pertemuan tersebut, tim Voice of Indonesia disuguhi penganan yang memiliki kesamaan di kedua negara yaitu karipap atau pastel dalam Bahasa Indonesia dan kuih ketayap atau dadar gulung dalam Bahasa Indonesia. //SEKAR

Read 300 times Last modified on Wednesday, 26 October 2022 15:51