Thursday, 27 October 2022 21:43

Kemlu RI : Dilantiknya Perdana Menteri Rishi Sunak Diyakini Lanjutkan Kemitraan Strategis RI-Inggris

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

VOI NEWS - Pemimpin Partai Konservatif Rishi Sunak telah dilantik Raja Charles III sebagai Perdana Menteri (PM) baru Inggris dalam sebuah upacara resmi di Istana Buckingham pada hari Selasa (25/10/2022).

Menanggapi dilantiknya PM baru Inggris, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Dirjen IDP) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah dalam Press Briefing Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta Kamis (27/10) kepada Media menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia sudah memberikan ucapan selamat atas dilantiknya PM Inggris tersebut. Namun, menurut Faizasyah dalam konteks hubungan bilateral, Indonesia meyakini bahwa baik Indonesia dan Inggris sudah memiliki yang apa yang disebut dengan kemitraan strategis.

“kemitraan strategis yang sudah disepakati oleh kedua Menlu pada Tahun 2022 adalah mencakup beberapa hal tentunya politik, ekonomi dan beberapa aspek strategis lainnya. Dan kemitraan strategis tersebut menjadikan pegangan atau katakanlah peta jalan dalam pemerintahan Indonesia maupun Inggris dalam membangun hubungan bilateral,” Kata Faizasyah.

Jubir Kemlu RI mengatakan kemitraan strategis yang dibangun Indonesia dan Inggris akan menjadi fokus dalam peningkatan hubungan bilateral.

“Jadi terpilihnya Perdana Menteri Rishi Sunak juga kami yakini akan melanjutkan kemitraan strategis yang telah dibangun oleh kedua negara. Di sisi lain tentunya selain pemerintahan Inggris dalam waktu dekat akan terus berkonsentrasi terhadap berbagai isu domestik. Namun disisi lain beberapa hal yang menjadi kepentingan bersama dan sudah on the track seperti kerjasama di bidang Green investment misalnya low carbon emission,”Tegas Faizasyah.

Selain itu, Faizasyah mengharapkan kedua negara dapat terus membangun kerja sama dan meningkatkan hubungan yang lebih erat demi kepentingan bersama kedepannya// Kemlu/VOIRRI/ AF//===

Read 237 times Last modified on Friday, 28 October 2022 10:19