Tuesday, 29 August 2023 13:51

KTT ASEAN 2023 Jakarta berdampak pada Ekonomi, UMKM dan Service Provider

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengucap syukur karena posisi Indonesia di mata dunia dalam 10 tahun terakhir semakin meningkat. Terutama sebagai negara tuan rumah perhelatan akbar berkelas dunia. Jika tahun lalu (2022) Indonesia sukses menggelar KTT G20, tahun ini Indonesia kembali menarik perhatian dunia dengan menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-43.

Sandiaga Uno menyatakan Indonesia memasuki tahap final persiapan perhelatan KTT ASEAN. Dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (28/8) di Jakarta, Sandi Uno menyampaikan dalam KTT ASEAN 2023 di Jakarta 27 kepala negara dan organisasi internasional akan hadir dan tinggal di 18 hotel di Jakarta, sementara kegiatan KTT akan diselenggarakan di 5 lokasi Venue, yakni Jakarta Convention Center, Istana Negara, Kantor Sekretariat ASEAN, Taman Pelataran GBK dan Hotel San Regis Jakarta. Menurut Sandiaga Uno 2000 sampai 4000 kamar hotel sudah habis terpesan dan estimasi spillover efeknya bisa mencapai 20.000 kamar. Ia pun berharap dengan potensi yang besar ini, dapat berdampak kepada ekonomi, khususnya UMKM dan service provider.

“18 hotel ini adalah Hotel Utama untuk para delegasi dan ini jumlah kamarnya bisa mencapai antara 2000 sampai 4000 kamar yang sudah habis terpesan. Ada yang estimasinya mencapai 5000 tapi spillover efeknya itu bisa mencapai 20.000 kamar, saya melihat bahwa 4 atau 5 kali lipat lebih banyak. Nah Oleh karena itu Jumlah ini adalah jumlah yang sangat besar, mari kita kapitalisasi Jangan hanya tinggal lewat saja tapi harus juga berdampak kepada ekonomi kita baik dari lama tinggal mereka dari issue environtmental sustainabilitynya maupun juga para UMKM dan service provider yang bisa mendapatkan limpahan berkah dari KTT ASEAN ini”, ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno lebih lanjut menyampaikan pemerintah juga telah menyiakan paket-paket wisata khusus untuk para delegasi baik di Jakarta, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi) maupun di 5 Destinasi Super Prioritas. Di Jakarta telah disiapkan destinasi Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang, Desa-desa Wisata dan Kota Tua. Menurut Sandiaga, para delegasi banyak yang memilih untuk extend ke Bali, namun Ia berharap tidak hanya ke Bali, para delegasi juga bisa berwisata ke 5 Destinasi Super Prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo dan Mandalika.

Terkait moda transportasi bagi pimpinan negara dan delegasi, pemerintah telah menyiapkan kendaraan listrik hingga MRT yang efisien dan ramah lingkungan.

Read 204 times Last modified on Tuesday, 29 August 2023 16:37