Tuesday, 14 November 2023 12:55

Temui Presiden AS Joe Biden, Presiden Joko Widodo Bahas Kontribusi Pada Perdamaian Global

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Biden di Gedung Putih, Washington DC (Foto : BPMI Sekretariat Presiden)

 

VOInews, Jakarta: Indonesia berharap kemitraan dengan Amerika Serikat (AS) dapat berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran regional dan global. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengajak Presiden AS Joe Biden, pada Senin, untuk menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza.

 

'Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” kata Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Biden di Gedung Putih, Washington DC, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

 

Selain itu, Presiden RI mengungkapkan bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu mitra terpenting bagi Indonesia. Oleh sebab itu, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan antarkedua negara menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

 

“Namun yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengartikannya karena bagi Indonesia kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok,” imbuhnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joe Biden menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerja sama antarkedua negara dalam berbagai bidang.

 

“Termasuk di dalamnya adalah peningkatkan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Presiden Joe Biden.

 

Presiden Joe Biden menilai bahwa Indonesia berperan penting dalam transisi energi bersih. Ia juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan negara-negara ASEAN guna memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan makmur.

Read 159 times Last modified on Tuesday, 14 November 2023 13:58