Sunday, 11 February 2024 16:43

PMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Gaza di El Arish

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

FOTO : PMI

 

VOInews, Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) telah sampai di El Arish dengan membawa bantuan kemanusiaan sebanyak 32,5 ton. El Arish merupakan kota terdekat dari Gerbang Rafah dan diisi oleh sekitar 1.500 pengungsi masyarakat Gaza.

 

Dalam keterangan resmi yang diterima Voice of Indonesia Minggu (11/2) di Jakarta bantuan tersebut terdiri dari 1.000 unit selimut dan bahan pangan seperti beras, gandum, gula, garam, dan minyak goreng. Semua bantuan kemanusiaan tersebut dibawa melalui jalan darat dengan menggunakan dua truk dan menempuh perjalanan dari Cairo ke El Arish selama 5 jam perjalanan.

 

Sekretaris Jenderal PMI Dr. Abdurrahman Mohammad Fachir yang saat ini berada di Mesir mengatakan, diantara bantuan tersebut PMI juga mendistribusikan peralatan bayi serta obat-obatan kepada pengungsi Gaza yang saat ini tengah menghadapi cuaca dingin.

 

“Tim kami juga mendistribusikan pakaian bagi bayi dan anak-anak, termasuk jaket karena saat ini cuaca sangat dingin, serta obat obatan untuk klinik-klinik kesehatan di wilayah El Arish,” kata Fachir.

 

Fachir menambahkan, pengadaan sekaligus penyaluran bantuan PMI ke wilayah El Arish tersebut atas dukungan Bulan Sabit Merah Mesir dan pihak KBRI Mesir dan lembaga terkait lainnya.

 

“Dalam pengelolaan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Gaza baik yang berada di wilayah Palestina maupun di wilayah Mesir ini, PMI bekerjasama dengan Egyptian Red Crescent, KBRI Mesir serta Lembaga Bantuan yang berbasis di Gaza Palestina.

 

Ia juga menjelaskan, kedepannya, PMI akan terus mendorong bantuan lainnya dan memastikan agar bantuan tersebut sampai pada para pengungsi, baik yang ada di wilayah Gaza maupun wilayah Mesir.

 

Berbagai bantuan tersebut diberikan sesuai hasil asesmen Tim Bulan Sabit Merah Mesir di pengungsian, termasuk bantuan bahan makanan yang akan digunakan untuk mensuplai fasilitas dapur umum yang dipusatkan Bulan Sabit Merah Mesir di El Arish. Dapur umum ini berfungsi untuk mengolah makanan yang akan didistribusikan ke masyarakat di dalam wilayah Gaza.

 

Read 146 times