Saturday, 06 October 2018 11:54

23 Pesawat Bantuan Asing Terima Izin Masuk ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
kemlu.id kemlu.id

 

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI) mengkonfirmasi masuknya bantuan kemanusiaan dari Jepang ke Indonesia yang diangkut menggunakan pesawat Hercules C-130. Pesawat bantuan dari Jepang yang telah berada di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur itu merupakan satu dari total 23 pesawat yang telah diberi izin terbang memasuki wilayah Indonesia (flight clearance). Selain pesawat bantuan dari Jepang, disampaikan juga bahwa pesawat Hercules C-130 yang membawa bantuan dari Selandia Baru sudah masuk ke Indonesia. Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir kepada awak media di Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.

‘’Jadi total kita, Kemlu sudah mengeluarkan flight clearance untuk 23 pesawat dari 12 negara per pagi tadi dan pagi tadi sekitar pukul empat pagi masuk lagi satu pesawat bantuan ke Balikpapan itu adalah dari Jepang yang membawa bantuan. Dan semalem yang seperti disampaikan oleh Ibu Menteri tadi juga masuk dari Selandia Baru. Jadi total kita sudah mengeluarkan 23 flight clearance untuk 12 negara.

Arrmantha mengatakan, jumlah negara-negara yang memberi bantuan tersebut masih akan bertambah dan mungkin berubah dalam hitungan jam. Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pada Jumat, 28 September 2018 lalu, beberapa pesawat bantuan asing telah mendarat di Indonesia termasuk di antaranya pesawat bantuan dari Inggris, India, Singapura, Selandia Baru, Malaysia dan Jepang. Selain negara-negara tersebut, Amerika Serikat menyatakan telah mengirimkan tiga pesawat militernya untuk membantu upaya pengiriman bantuan ke daerah bencana di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. VOI/Rezha

Read 938 times Last modified on Saturday, 06 October 2018 18:27