Friday, 22 February 2019 11:37

Menlu RI Akan Hadiri Konferensi Tingkat Menteri ke 46 OKI

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Selain akan menghadiri pertemuan Sidang ke 40 Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri ke 46 Organisasi Kerja Sama Islam (KTM OKI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pertemuan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Maret 2019 mendatang dengan mengambil tema 50 Years of Islamic Cooperation, Roadmap for Prosperity and Development. Kepada wartawan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, Indonesia dalam pertemuan KTM OKI akan mendorong pembahasan terkait upaya peningkatan kerjasama negara-negara anggota OKI di bidang ekonomi dan ilmu pengetahuan serta penanganan arus migrasi yang aman dan tertib.  

“Untuk Indonesia sendiri beberapa isu yang akan menjadi perhatian terkait dengan mendorong peningkatan kerjasama negara-negara OKI di bidang ekonomi dan Iptek. Selain itu juga Indonesia akan mendorong kerjasama dukungan dari OKI untuk kerjasama mengenai Global Compact for Save, Orderly and Migration.”

Lebih lanjut, Arrmanatha Nasir mengatakan, KTM ke 46 OKI akan menghasilkan deklarasi tentang komitmen politis negara-negara anggota OKI terkait tema pertemuan. Menurut Arrmanatha, selain deklarasi, Konferensi Tingkat Menteri ke 46 OKI juga akan menghasilkan 130 resolusi yang meliputi berbagai isu seperti kerjasama keuangan, politik, dan isu Palestina. Ia menambahkan, beberapa isu yang akan menjadi perhatian dalam Konferensi Tingkat Menteri ke 46 OKI antara lain kemajuan proses perdamaian di dunia, upaya melawan terorisme global, dan Program Aksi OKI 2025. (ndy)

Read 527 times Last modified on Saturday, 23 February 2019 14:02