daulat pane

daulat pane

14
February

Ketua Panwaslu LN Hong Kong dan Macau, Andri Ratman. (Foto: VOI/Daulat Pane)

 

VOInews, Hong Kong: Lima belas menit menjelang penutupan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pukul 19.00 waktu Hong Kong, beberapa masyarakat Indonesia masih berdatangan ke Gedung Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Hong Kong. Pemungutan suara di TPS 1 hingga 4 yang berlangsung dari pukul 09.00 pagi di lantai 2 dan 3 Gedung KJRI berlangsung aman dan lancar. Ketua Pengawas Pemilihan Luar Negeri (Panwaslu LN) Hong Kong dan Macao, Andri Ratman mengatakan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hong Kong dan Macao telah bekerja keras untuk menyukseskan pengumutan suara di Hong Kong.


“Memang tidak mudah ya tugas PPLN terutama menghadapi masyarakat Indonesia yang ada di Hong Kong yang banyak jenis masyarakat Indonesia di Hong Kong ini. Saya rasa PPLN udah bekerja sangat maksimal terutama menghadapi kekurangan-kekurang dari persiapan hingga saat ini. Kami rasa kami liat mereka sangat maksimal sampai hari ini. Jadi kita bisa lihat dari pagi sampai saat ini kurang 15 menit lagi untuk penutupan, suasana masih sangat kondusif dan kita juga bisa melihat para pemilih juga antusias ya seperti sekarang ini, kita masih menerima pemilih sampai detik ini," kata Andri.


Tercatat sebanyak 753 warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih tetap telah menyampaikan hak suara mereka di TPS. Selain itu sebanyak 75.728 surat suara lewat pos telah diterima dari warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih  tetap untuk wilayah Hong Kong dan Macao.


PPLN Hongkong dan Macao masih akan terus menerima pengiriman surat suara WNI yang dikembalikan melalui pos sampai dengan 15 Februari 2024 pukul 23:59 waktu setempat. Penghitungan suara yang disampaikan melalui pos akan dilaksanakan pada  16 Februari 2024 mulai pukul 9 pagi waktu setempat.// (VOI/DP/PNA)

02
February

Pasukan keamanan militer Myanmar berpatroli di jalan selama

 

Junta militer Myanmar Rabu lalu (31/1/2024) kembali memperpanjang status darurat di negara itu untuk enam bulan ke depan. Badan pengambil keputusan tertinggi Myanmar, Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional, memutuskan untuk memperpanjang status darurat yang berakhir pada Rabu tengah malam.

19
January

Uji coba rudal Korea Utara pada Minggu (14/01/2024). (Foto: KCNA)

 

Ketegangan di Semenanjung Korea seakan tidak pernah berakhir. Pekan ini, hubungan Korea Utara dan Selatan kembali memanas. Penyebabnya adalah aktivitas militer yang dilakukan kedua negara.

14
February
World Water Council (WWC) berusaha menjadi corong untuk meningkatkan kepedulian internasional terhadap air, sejak didirikan 27 tahun lalu. Karena tidak ada organisasi internasional yang melekat dengan sistem PBB di bidang air, WWC berbagi dan mengumpulkan semua komunitas air seperti pemerintah, organisasi internasional, LSM, akademisi, operator dan universitas untuk memberikan solusi terhadap masalah air. Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon mengatakan kepada Voice of Indonesia pada Senin sore (13/2) bahwa harus ada kemauan politik dari pengambil keputusan untuk mendapatkan solusi terhadap permasalan air. Ia menambahkan di tingkat nasional harus ada undang-undang dan anggaran yang bisa menjadikan air sebagai prioritas. Bagi Indonesia, katanya, masalah utama bukanlah kuantitas sumber daya air melainkan kualitas sumber daya. Ia menilai kementerian terkait di Indonesia memiliki kepedulian yang besar terhadap penyediaan sanitasi dan kualitas air yang lebih baik. “Khususnya di Indonesia masalah utama Anda bukanlah kuantitas sumber daya air tetapi kualitas sumber daya air. Saya banyak berdiskusi dengan berbagai kementerian terkait dan saya mengerti bahwa mereka memiliki kesadaran atau upaya yang besar untuk menyediakan sanitasi dan kualitas air yang baik di masa depan”, kata Fuchon. Indonesia menyelenggarakan the Kick-off Meeting of the 10th World Water Forum di Jakarta dari tanggal 15-16 Februari 2023. Menurut Fauchon Dewan Air Dunia akan membantu Indonesia sebagai negara yang akan membantu WWC untuk memahami beberapa masalah penting bagi Indonesia sendiri untuk selanjutnya dapat mentransfer solusi yang dimiliki Indonesia ke seluruh dunia. Sebagai presiden Dewan Air Dunia, Fauchon sangat memperhatikan manajemen risiko dan diplomasi hidro. Dikatakannya diplomasi hidro merupakan isu diplomasi baru dalam momentum untuk menentukan masa depan air. Dia mengatakan ada sekitar 270 cekungan air di seluruh dunia dan beberapa di antaranya sedang dalam ketegangan sesama negara tetangga, oleh karena itu harus ada dialog untuk menghindari perang air. Ia juga mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk menyelamatkan air untuk kemakmuran bersama. Dia tidak bisa membayangkan kemakmuran tanpa mengamankan dan melestarikan air. Dia menghimbau semua pihak untuk Berhenti Mengabaikan Air.//DP