Friday, 16 February 2018 10:25

Lagu Daerah Bangka Belitung

Written by 
Rate this item
(7 votes)

 

 

Pelangi Nada kali ini, kami hadirkan lagu-lagu dari Bangka Belitung.

Lagu yang biasa dinyanyikan masyarakat Bangka Belitung pada masa panen lada ini berisikan semangat gotong royong. Beberapa sumber mengatakan bahwa lagu “Yo Miak” menggambarkan semboyan Bumi Sepintu Sedulang, yang menjadi motto penggerak masyarakat Bangka Belitung bekerjasama demi satu tujuan dan hasil yang dinikmati bersama pula.

Lagu berikutnya yang akan kami sajikan juga mengandung semboyan dari masyarakat Bangka Belitung. Kali ini semboyan Serumpun Sebalai hadir dalam lagu “Zapin Melayu Serumpun Sebalai”. Semboyan Serumpun Sebalai yang tertera dalam lambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki makna kekayaan alam dan pluralisme masyarakat Bangka Belitung. Dalam lagu “Zapin Melayu Serumpun Sebalai”, Bangka Belitung digambarkan sebagai tempat dengan hasil bumi yang melimpah, objek wisata yang indah, dengan  ragam budaya, seperti budaya Melayu, budaya Islam, serta budaya Cina atau Tionghoa

berikut kami hadirkan lagu “Zapin Melayu Serumpun Sebalai” oleh Wandasona Al-Ahmd.

masih dari Bangka Belitung, selanjutnya akan kami hadirkan lagu “Miakku Sayang”. Lagu yang biasa dibawakan berduet ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang tengah salah paham. Sang lelaki telah dimarahi kekasihnya dituduh telah berselingkuh dengan  gadis lain bernama Halimah. Ternyata, Halimah hanyalah anak tetangga sang lelaki, sang lelaki tidak selingkuh, dan sang gadis pun meminta maaf. Pendengar, inilah lagu “Miakku Sayang” oleh Tommy Ali & Arin Fahmi.

sebelum menutup Pelangi Nada kali ini, saya putarkan lagu  “Bujang Lapuk”. Lagu ini mengisahkan kerisauan hati seseorang yang sudah tua, tetapi belum juga punya pasangan hidup. Dirinya pun menyesal dan sadar bahwa terlalu memilih-milih pasangan membuatnya jauh dari jodoh. Ia merasa hidup tanpa pasangan terasa tidak ada gunanya.

Read 10038 times Last modified on Friday, 16 February 2018 10:38

Media

More in this category: « Band Radja Alika »