Thursday, 08 August 2019 00:00

Buleleng Festival 2019

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Buleleng Festival 2019 wonderful indonesia/kemenpar.go.id.

Warna warni Edisi kali akan menceritakan salah satu festival di Pulau Bal yaitu Buleleng Festival. Buleleng Festival 2019 digelar pada 6 hingga 10 Agustus di Kota Buleleng di propinsi Bali. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Buleleng Festival 2019 sangat unik, dengan nuansa budaya Bali-nya sangat kental. Festival ini ramah bagi siapa saja, termasuk para milenial, karena ada konten Job Fair. Dengan tajuk ‘Shining Buleleng’, festival budaya tersebut juga akan menampilkan delapan kategori acara menarik, seperti art, culture, expo, exhibition, culinary, entertainment, carnival, hingga job fair. Sementara itu, lokasinya tersebar di lima titik, yaitu Tugu Singa Ambara Raja, Jalan Ngurah Rai, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, dan Jalan Gunung Agung.

 

 

Buleleng Festival 2019 ini dibuka oleh penampilan band indie asal Bali, Nosstress Band, Starlight dan Harmonia Band dengan iringan Tari Pradwala Nilayam dan Tari Kolosal Ayuning Bhineka Sakti. pada hari kedua, pengunjung bisa menikmati atraksi Tari Kreasi SMAN 1 Singaraja, Gong Kebyar, lalu dilanjutkan dengan aksi panggung Anji. Sementara itu, pada venue Wantilan Sasana Budaya ada sajian Tabuh Kembang Kirang dan Angklung Kebyar serta Semara Pegulingan. Pada acara penutupan, 10 Agustus, penyanyi Andmesh Kamaleng akan unjuk suara. Penampilannya akan dipadukan dengan warna tradisional Bali, seperti Tari Legong Mandara Giri dan Bondres Celekontong Mas.

Buleleng Festival 2019 semakin sempurna dengan pameran kuliner khasnya. Sebab, daerah ini terkenal memiliki hidangan bercita rasa ontentik. Sebut saja Blayag Buleleng, Jukut Undis, Sudang Lepet, Syobak Khe Lok, dan Sate Plecing.

 

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi adanya Buleleng Festival 2019 ini. Menurutnya, perpaduan nuansa lokal Bali yang dikemas secara kekinian akan mampu mengoptimalkan pasar milenial. Hal ini dapat menggenjot pergerakan wisatawan sehingga memberi impact positif terhadap perekonomian. Hal tersebut diakui Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Ia mengatakan, pergerakan wisatawan terbilang kompetitif di wilayah Buleleng. Sepanjang tahun 2017, pergerakan wisatawan mancanegara  mencapai 681.966 orang. Jumlah ini naik 12,3 persen dari tahun 2016, yang mana wilayah Buleleng hanya disinggahi oleh 607.665 wistawan asing. Agus menambahkan, Buleleng Festival 2019 adalah destinasi terbaik untuk berlibur.

 

Read 862 times Last modified on Thursday, 08 August 2019 15:53