Tuesday, 20 February 2018 14:00

Penyebaran Nilai-nilai Pancasila Harus Dilakukan secara Sinergi antar Lembaga Negara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko di Gedung Bina Graha Komplek Istana Presiden Jakarta, Rabu (14/2/2018) mengatakan pemerintah Indonesia terus mendorong implementasi nilai-nilai Pancasila dalam sendi kehidupan masyarakat, terutama dalam program kementerian dan lembaga. Seperti dikutip laman Kompas.com Moeldoko mengatakan pihaknya  telah melakukan koordinasi dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) untuk mewujudkan hal tersebut. Menurut Moeldoko, Kantor Staf Presiden akan mensinergiskan seluruh kekuatan, program-program Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila masuk ke dalam kementerian dan lembaga, sehingga menjadi kekuatan besar. Terobosan itu dilakukan agar upaya pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila tak dilakukan parsial dan terkesan tumpang tindih.

Moeldoko mencontohkan salah satu bentuk kementerian di dalam menjalankan program Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiarkan nilai-nilai Pancasila melalui lembaga penyiaran milik negara, baik TVRI atau RRI. Dijelaskan Moeldoko kedua media tersebut dapat  digunakan optimal dalam hal merespons isu-isu yang sarat dengan Pancasila.

Sementara itu, Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief mengapresiasi terobosan ini. Sebagai 'tangan kanan' lembaga kepresidenan, Kantor Staf Presiden memang sudah sepantasnya melakukan hal ini. Menurut Yudi Latief terobosan itu memerlukan dukungan political will institusi kepresidenan  dalam hal ini Kantor Staf Presiden, untuk bersama-sama mengorganisir kementerian dan lembaga dalam pengarusutamaan Pancasila.

Yudi Latief menjelaskan, cara mensosialisasikan Pancasila ke masyarakat, yaitu dengan merespon isu-isu strategis dalam masyarakat yang ada impilikasinya dengan soal nilai Pancasila. Ia menjelaskan Pancasila menjadi sakti bila efektif merespon problem-problem yang ada. Ia menambahkan, nantinya Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila akan menyediakan konten serta peta persoalan, dan Kantor Staf Presiden akan mengeksekusinya.

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan lembaga yang membantu presiden untuk mengarahkan kebijakan umum pembinaan Pancasila dan melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi pengendalian pemahaman Pancasila. 

Dalam satu kesempatan, Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapan, melalui Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Pancasila bisa diamalkan, dikonkretkan, diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan di dalam kehidupan sehari-hari. Presiden menegaskan Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja dan terlembagakan dalam sistem serta kebijakan, baik di bidang ekonomi, politik maupun sosial-budaya.

 

Read 1545 times Last modified on Tuesday, 20 February 2018 14:40