Sunday, 20 October 2019 13:47

Terima Kunjungan Kehormatan Kepala Negara Sahabat, Jokowi Sampaikan Komitmen Penguatan Hubungan Bilateral

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : RRI foto : RRI

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan sejumlah Kepala Negara menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta.Kepala Negara yang hadir yaitu Sultan Brunei Darussalam Sultan Hasanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Mswati III. 

Dalam kesempatan tersebut Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kepada wartawan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, para kepala negara tersebut hadir di Istana Merdeka Jakarta untuk memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo usai terpilih sebagai Presiden RI periode 2019-2024. 

Para Kepala Negara, menurut Retno juga menyampaikan optimisme bahwa Presiden Joko Widodo akan mampu membawa Indonesia kearah yang lebih baik pada periode kedua kepemimpinannya. 

Sementara itu Presiden Joko Widodo, menurut Retno, menyampaikan apresiasi atas kehadiran para Kepala Negara di Istana Merdeka hari ini. Jokowi juga menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan para negara sahabat. 

“ Beliau sampaikan ucapan selamat pada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan yakin membawa indonesi lebih baik. Kedua, mereka sampaikan komitmen perkuat bilateral dengan Indonesia. Presiden sampaikan terima kasih tamu yg datang jauh untuk hadir dan Presiden sampaikan komitmen sama bahwa indonesia perkuat bilateral.”

Selain di pagi hari menjelang pelantikan, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan menerima kunjungan kehormatan dari kepala negara lain usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di gedung MPR RI. 

Pertemuan rencananya akan dilaksanakan Minggu malam dan akan menerima Kunjungan Kehormatan Kepala Negara dan Utusan Khusus. 

Diantaranya kunjungan kehormatan Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Wakil Presiden Viet Nam, serta Wakil Presiden Myanmar. 

Selain itu Jokowi juga akan menerima sejumlah utusan khusus negara sahabat, diantaranya Utusan Khusus Presiden Republik Korea, Filipina, Jepang Persatuan Emirat Arab dan Amerika Serikat. (Ndy)

Read 849 times