Thursday, 07 November 2019 14:21

BNPB Dukung Konservasi Alam Untuk Keberlanjutan Lingkungan

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mendorong semua pihak termasuk pengelola kawasan konservasi, masyarakat dan swasta untuk mendukung pelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup.
Doni dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Sabtu mengatakan, kegiatan konservasi atau kegiatan lain yang bertujuan untuk melestarikan alam sangat memerlukan partisipasi masyarakat sehingga semakin banyak yang semakin peduli dengan kondisi lingkungan saat ini.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo beserta jajarannya mengunjungi kawasan konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi di Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (1/11), yang dikelola oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri.

Kawasan konservasi seluas 12 ribu hektare itu dikelola dengan fokus pada penanaman kembali dan sudah direplika oleh beberapa daerah lain seperti Garut dan Bekasi, serta menjadi tempat pendidikan karakter bagi para siswa-siswi yang ada di berbagai daerah.

Doni Monardo menyebutkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana turut mendukung konsep wilayah konservasi Kareumbi dan mengharapkan Wanadri dapat memperkuat kapasitas seluruh komponen yang memiliki kontribusi pada pelestarian  alam.
Pada kesempatan itu, Doni Monardo mengarahkan agar Wanadri dapat menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam mendukung kegiatan konservasi dan lembaga usaha agar program serta kegiatan yang diselenggarakan oleh Wanadri dapat berjalan dengan maksimal dan didukung penuh oleh pemerintah provinsi, lembaga usaha serta masyarakat.

Read 711 times