Friday, 08 November 2019 06:22

Pameran Infrastruktur Terbesar di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pameran Indonesia Infrastructure Week, Konstruksi Indonesia dan Intertraffic Indonesia resmi dibuka. Tiga pameran infrastruktur konstruksi dan konektivitas terbesar di Indonesia ini di buka langsung Presiden RI Joko Widodo, Rabu (6/11). Bertempat di Jakarta International Expo, pameran ini diselenggarakan dari tanggal 6 November hingga 8 November 2019 dengan menghadirkan kurang lebih sebanyak 240 exhibitor yang berasal dari 20 negara dari latar belakang infrastruktur jalan, jembatan, konstruksi, alat berat, teknik sipil dan lainya. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo  mengatakan, gelaran pameran ini sangat penting diadakan sebagai wujud keseriusan Indonesia untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari negara lain. Presiden Joko Widodo menegaskan, meskipun lima tahun ke depan Indonesia  mengedepankan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur juga tidak ditinggal.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya berbagai alternatif sumber pendanaan untuk memenuhi pembiyayaan yang diperlukan. Presiden Joko Widodo meminta setiap alternatif pembiayaan yang mungkin dilakukan terus dielaborasi. Hal tersebut, menurut Presiden Jokowi, dinilai penting dilakukan mengingat kebutuhan biaya pembangunan infrastruktur sangat besar. Ia menegaskan, partisipasi sektor swasta melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha, alternatif pembiayaan investasi non-pemerintah, serta green finance sebagai sumber pembiayaan inovatif, semuanya perlu terus dikembangkan. Diperlukan pula kebijakan dan fasilitas yang mendukung kemudahan untuk berinvestasi, agar berbagai inovasi pembiayaan tersebut dapat dilaksanakan.

Presiden Joko Widodo menambahkan, yang harus segera diselesaikan dalam waktu cepat adalah harmonisasi dan penyederhanaan peraturan untuk berinvestasi. Dengan demikian investor tidak ragu-ragu lagi menanamkan modalnya di Indonesia.

Presiden Jokowi berharap, dengan adanya pameran ini bisa mendorong para profesional dalam bidang konstruksi untuk  bertukar pikiran agar pembangunan nasional di Indonesia dapat terakselerasi.

Sementara Managing Director Tarsus Indonesia, selaku penyelenggara acara, Tri Turturi menyampaikan pameran ini dihadiri kurang lebih 30 ribu pengunjung dari berbagai latar belakang. Targetnya adalah kalangan profesional dari sektor energi, air dan pengolahan limbah, perkeretaapian, pelabuhan, utilitas, industri konstruksi, asosiasi industri, pemilik proyek hingga investor. Diharapkan, pameran ini bisa mendorong profesional dalam bidang konstruksi bertukar pikiran agar pembangunan nasional di Indonesia dapat terakselerasi.

Read 676 times