Monday, 26 February 2018 00:00

Prospek Budidaya Talas Beneng

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

 

 

Talas beneng merupakan jenis umbi-umbian asli Pandeglang. Nama "beneng" merupakan singkatan dari besar dan koneng. Koneng adalah sebuah kata dalam bahasa Sunda yang artinya berwarna kuning. Asal mula talas beneng adalah tanaman liar di dalam hutan Gunung Karang, Pandeglang.

Umbi Talas Beneng berukuran besar dengan warna daging kuning. Ukuran tanaman talas bisa sangat besar, yakni sekitar 2,5 meter dengan ukuran satu umbi maksimal bisa mencapai 10-20 kg per batang. Talas Beneng merupakan umbi batang yakni umbinya muncul sampai ke atas permukaan tanah mengikuti batang tanaman. Jadi bisa memanjang atau meninggi sesuai tinggi pohon talas.

Meski telah memasuki masa panen tetapi belum dipanen juga, maka umbi talasnya tidak akan bermasalah. Berbeda dengan Talas Bogor yang jika telah memasuki masa panen kemudian tidak dipanen, maka Talas Bogor akan membusuk.

Selama pertumbuhan, tanaman talas tidak menuntut syarat khusus. Untuk pemanfaatannya, talas beneng banyak diolah warga sekitar menjadi keripik talas. Namun demikian karena masih terbatasnya alat dan sumber daya manusia di Juhut, kebanyakan talas hanya dikupas dan diparut kemudian dijemur hingga kering. Selanjutnya, siap dikirim ke Bogor untuk dijadikan tepung. Tepung tersebut bisa digunakan untuk membuat berbagai olahan makanan seperti brownis dan lain-lain.

Pemda Banten tengah membudidayakan talas beneng untuk dijadikan salah satu komoditi bahan pangan pokok di Provinsi Banten sehingga dapat menguatkan dan mengurangi kerawanan ketahanan pangan. Talas beneng memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai sumber pangan lokal. Ukurannya yang besar dengan kadar protein yang tinggi serta warna kuning yang menarik adalah kelebihan yang dimiliki talas beneng dan menjadi ciri khas talas ini.

Adanya dukungan dari pemerintah daerah, maupun kemitraan dengan perusahaan daerah dalam pengembangan pangan lokal diharapkan bisa memacu keragaman produk talas beneng termasuk upaya memasyarakatkannya. 

Read 4232 times Last modified on Tuesday, 27 February 2018 09:40