Friday, 24 January 2020 10:17

Indonesia dan Italia Perkuat Kerja Sama Bidang Pertanian

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertanian, Pangan dan Kehutanan Italia, Teresa Bellanova menandatangani nota kesepahaman tentang penguatan kerjasama Indonesia dan Italia dalam hal promosi produk pertanian. Acara tersebut dilakukan saat pertemuan keduanya di Roma, Senin,20 Januari lalu. Kerjasama tersebut mencakup budidaya, mekanisasi pertanian, pengelolaan sumber daya air, pendidikan dan pelatihan, penelitian, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Dalam pertemuan tersebut, Syahrul Yasin Limpo dan Teresa Bellanova membahas sejumlah isu bilateral, terutama terkait peningkatan nilai perdagangan dan investasi di bidang pertanian antara kedua negara. Dalam kesempatan tersebut Syahrul menjelaskan keunggulan komoditas pertanian Indonesia, seperti sawit, karet, buah tropis, teh dan rempah-rempah. Syahrul juga menjelaskan, produk Indonesia telah memenuhi standar Uni Eropa di bidang kesehatan, sehingga bisa diekspor ke pasar Eropa, termasuk Italia. Ia juga menekankan sektor pertanian Indonesia telah menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) dan dikelola secara sustainable. Syahrul juga mengundang investasi Italia di sektor pertanian dan peternakan di Indonesia.

Secara khusus, kedua Menteri membahas ekspor sawit Indonesia. Produk sawit diketahui digunakan dalam industri makanan dan sebagai bahan bio-diesel di Italia. Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian, Pangan dan Kehutanan Italia, Teresa Bellanova mengatakan ia dapat menerima penjelasan bahwa perkebunan sawit berperan dalam membuka lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menilai, penandatangan nota kesepahaman tersebut semakin memperkuat hubungan kedua negara dan dapat mendorong pembangunan sektor pertanian di Indonesia. Menurutnya, nota kesepahaman tersebut akan mempermudah pelaksanaan pertukaran informasi pertanian, pelatihan untuk peningkatan kapasitas serta penyelenggaraan joint research oleh lembaga penelitian pertanian di kedua negara.

Indonesia dan Italia memiliki hubungan yang telah terjalin sejak 1959, dan baru saja merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada 2019. Italia adalah mitra dagang terbesar ke-3 bagi Indonesia di antara negara-negara Uni Eropa. Dalam periode Januari hingga November 2019, nilai perdagangan kedua negara mencapai 3,17 Miliar dolar Amerika. 

Read 739 times Last modified on Friday, 24 January 2020 12:07