Thursday, 01 March 2018 10:16

Populasi Hiu Paus Talisayan Bertambah.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Populasi hiu paus atau whale shark di perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mengalami penambahan. Dalam kurun waktu tiga tahun jumlahnya mengalami penambahan signifikan. Hal itu disampaikan Mahardika, anggota tim peneliti World Wildlife Fund WWF Indonesia, dan Whale Shark Indonesia belum lama ini. Ia menjelaskan, pada awal tahun ini, pihaknya telah melakukan penelitian terhadap hiu paus yang ada di perairan Talisayan yang selama kurun waktu beberapa tahun terakhir terjadi penambahan individu baru.

Mahardika mengatakan, ini adalah penelitian yang kedua kali. Pertama, pada 2015 terindentifikasi jumlah hiu paus sekitar 36 ekor dan pada penelitan kedua awal 2018, jumlahnya menjadi 51 ekor.

Dari sisi ukuran, ia mengatakan populasi yang ada sebagian besar tergolong belum dewasa, dengan ukuran antara 3 hingga 8 meter. Sedangkan ukuran dewasa 18 meter.

Mahardika menambahkan, dari penelitian diketahui, hiu paus di Talisayan bukan sebagai migrasi tapi sudah menetap dan berkembang biak disana. Hiu paus juga ditemukan di pulau Derawan.

Lebih jauh, Mahardika mengatakan pihaknya akan melakukan penelitian kembali 7 bulan ke depan untuk melihat sejauh mana perkembangan hiu paus yang ada. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi tata cara berinteraksi dengan hiu paus secara benar. Karena dari hasil peninjauan lapangan, masih banyak yang belum memahami tata cara berinteraksi dengan hiu paus.

Mahardika mengatakan, ini menjadi peluang wisata yang bagus, tapi harus dibenahi lagi untuk dapat mengikuti aturan yang benar. Jika tidak, dapat membahayakan wisatawan dan hiu paus itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Berau, Mappasikra mengatakan berkembangbiaknya hiu paus di perairan Talisayan merupakan modal besar bagi perkembangan pariwisata di Berau. Ia pun mengajak seluruh pelaku usaha wisata untuk memanfaatkan peluang ini dalam meningkatkan sektor pariwisata.

Selain itu, ia mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kawasan laut yang ada di sekitar, sehingga membuat hiu paus bisa tetap bertahan disana.

Read 1263 times Last modified on Thursday, 01 March 2018 11:22