Tuesday, 24 March 2020 12:16

Langkah dan Upaya Melawan Covid-19

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Perhatian negara-negara di dunia, termasuk Indonesia saat ini adalah  melawan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. Jumlah orang yang terinfeksi bertambah, yang tentu saja memerlukan perhatian serius.

Pemerintah Indonesia melakukan segala upaya untuk menangani   Covid-19 ini dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menunjuk lebih dari 230 rumah sakit menjadi tempat rujukan untuk menangani Covid-19, DAN mengubah Wisma Atlet Kemayoran Jakarta menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19, serta mengirim 155 personel kesehatan Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia -TNI bertugas di Rumah Sakit Darurat tersebut.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga sudah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020, Tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa pada 20 Maret 2020. Instruksi Presiden ini diterbitkan karena semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Langkah lain yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam percepatan penanganan Covid- 19 adalah penjemputan alat-alat kesehatan langsung dari Shanghai, Tiongkok pada 21 Maret 2020. Setelah transit di Pulau Natuna, Senin (23/3), pesawat Hercules yang membawa 9 ton logistic kesehatan tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa 105 ribu Alat Pelindung Diri, masker dan handsanitizer  tersebut didistribusikan ke seluruh Tanah Air pada Senin (23/3).

Pemerintah Indonesia memang sangat serius dalam percepatan penanganan Covid-19.  Apalagi dalam membeli logistic kesehatan. Mengingat  lebih dari 190 negara juga memerlukannya segera.

Pemerintah Indonesia tidak dapat bergerak sendiri. Seluruh unsur bangsa Indonesia harus terlibat langsung. Pihak swasta telah menunjukkan langkah dukungan terhadap upaya ini dengan memberikan sumbangsihnya berupa penggunaan hotel yang seluruhnya akan digunakan sebagai ruang isolasi rumah sakit. Keterlibatan dalam penyediaan masker oleh pihak swasta untuk  menambah kapasitas produksi masker miliki perusahaan negara juga dibutuhkan.

Upaya dalam menekan penyebaran Covid-19 adalah kesadaran untuk melakukan social distancing. Menahan diri di rumah untuk mengurangi interaksi dengan banyak orang. Kesadaran dan tindakan nyata seluruh rakyat Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-10 yang mulai menyerang akhir 2019 ini mutlak dibutuhkan.  Sehingga jumlah yang terpapar tidak makin bertambah, yang terinfeksi segera sembuh, dan angka kematian karena Covid-19 menurun.

Dengan kesadaran dan tindakan nyata semua  pihak seperti penerapan social distancing atau tindakan keras dari pemerintah, prasarana dan fasilitas yang telah disiapkan di Wisma Atlet tidak perlu digunakan lagi. Tidak ada pasien yang dikirim ke Wisma Atlet yang sudah disiapkan menampung tiga ribu pasien. Doa kita bersama Covid-19 segera berlalu.

Read 85 times