Wednesday, 01 April 2020 06:25

Kabar Duka Dan Gembira Mengenai Corona

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pandemik Corona Covid19 di berbagai negara menunjukkan kecenderungan perkembangan berbeda. Selain kabar duka, muncul juga sisi menggembirakan. Italia, negara dengan kekuatan ekonomi ketiga di Eropa meningkat keprihatinannya. Seiring semakin banyaknya penduduk yang meninggal dunia, ekonomi negara itupun di ambang resesi. Sampai Selasa kemarin dikabarkan sedikitnya 11 ribu 590 orang penduduk Italia telah meninggal dunia. Hal ini menyebabkan pemerintah mengumumkan masa berkabung nasional dengan menaikkan bendera setengah tiang. Pemerintah Italia mencatat telah lebih dari 100 ribu orang terinfeksi Covid 19. Karena itu, walaupun berbiaya mahal dan berdampak berat secara ekonomis, Pemerintah Italia terpaksa memperpanjang lockdown sampai pertengahan April.

Sementara negara-negara lainnya mengumumkan lockdown atau memperpanjangannya, di Wuhan, Cina, tempat virus Corona pertama terditeksi, lockdown akan segera diakhiri.   Pemerintah di Wuhan mengumumkan penutupan atau lockdown akan berakhir 8 April mendatang. Setelah dua bulan aktivitas terhenti, warga Wuhan akan memulai kembali kehidupan seperti biasa. Pusat perbelanjaan terbesar di Wuhan, International Plaza, dilaporkan sudah mulai dibuka. Meski begitu, para petugas dan pegawai masih tetap menggunakan masker saat melayani pelanggan, yang secara disiplin menjaga jarak antara satu sampai satu setengah meter. Kabar baik seiring segera diakhirinya Lockdown di Wuhan adalah tidak adanya laporan kasus baru selama 6 hari terakhir. Tim Medis dari luar propinsi Wuhan juga berangsur dipulangkan ke kota atau provinsi awal diiringi ucapan terima kasih penduduk Wuhan. Selain di Wuhan, propinsi Hubei juga mencatat optimisme baru. Pemerintah setempat menyatakan 4,6 juta orang sudah dapat mulai bekerja pada hari Sabtu. Ponsel penduduk baik di Wuhan maupun Hubei telah menunjukkan tanda hijau yang berarti mereka sehat. Lockdown di Wuhan memang sudah dipersiapkan dengan baik. Setiap penduduk mengisi data pribadi di Ponsel melalui aplikasi yang dirancang pemerintah. Melalui pengiriman data lengkap masing masing. dapat diketahui kondisi kesehatan setiap orang. Secara otomatis sinyal warna hijau akan menyala bagi yang sehat dan merah bagi yang sakit atau terindikasi terinfeksi. Peraturan tidak keluar rumah yang diberlakukan secara ketat disertai monitoring pergerakan penduduk, membuat lockdown di Wuhan berhasil baik.

Kabar baik dari Wuhan dan Hubei Cina tentu merupakan informasi yang penting bagi pemerintah negara lain dalam melawan Covid 19. Perencanaan dan pendataan yang baik, ketegasan pelaksanaan aturan serta kedisiplinan warga, dapat menjadi salah satu acuan bagi negara manapun yang sedang berperang melawan virus yang masih terus merajalela itu. Ketika negara negara lain sedang mulai memulai perjuangan, Wuhan dan Hubei memulai hidup baru dan kembali menata ekonominya, setelah menunjukkan keberhasilan melawan Corona. Semoga sukses Wuhan,China, juga dapat diikuti oleh negara-negara lain.

Read 736 times