Thursday, 08 March 2018 10:55

Tingginya Minat Membaca, Salah Satu Kunci Kemajuan Sebuah Negara

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kemajuan suatu daerah maupun bangsa harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Hal tersebut dapat dicapai jika penduduk setempat memiliki minat dan budaya membaca yang tinggi. Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Aceh Tengah Mursyid pada kegiatan sosialisasi minat baca bagi pengelola perpustakaan kampung, sekolah, pesantren, rumah ibadah dan instansi tahun 2018, di gedung Bale Pendari Takengon, Rabu (7/3). Dicontohkan, berbagai negara seperti Jepang dan hampir seluruh negara di Eropa mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang mengingat masyarakatnya tidak pernah lepas dari kebiasaan membaca. Oleh karena itu pihak terkait diharapkan berupaya meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat setempat, termasuk agar sering berkunjung ke perpustakaan. Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Aceh Tengah Subhan Sahara menjelaskan, beberapa perpustakaan di daerah tersebut berhasil meraih prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. Pada Tingkat provinsi, SMA Negeri 4 Takengon berhasil mendapat juara pertama dalam pengelolaan perpustakaan sekolah, sedangkan juara pertama di tingkat nasional diraih oleh Perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan.

Pameran Foto di Pacuan Kuda HUT Takengon.

Pacuan Kuda Tradisional Gayo pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-441 Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dimeriahkan dengan kegiatan pameran foto yang diselenggarakan oleh komunitas Explore Gayo. Pameran foto dengan tema “Pesona keindahan alam Gayo”, dibuka pada salah satu stand di Arena Pacuan Kuda Haji Muhammad Hasan Gayo, Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, 5 hingga 11 Maret 2018. Berbagai foto karya fotografer setempat dipamerkan seperti aksi kuda yang sedang dipacu di lintasan, atraksi seni dan budaya, panorama alam serta aktifitas sehari-hari masyarakat seperti berkebun maupun menangkap ikan di Danau Laut Tawar. Hal itu dikatakan Dedi Aramiko, salah seorang panitia pameran kepada RRI, Takengon, Rabu (7/3). Ditambahkan, antusias masyarakat yang mengunjungi pameran foto ini tergolong tinggi. Sejak dibuka pada hari Senin lalu puluhan pengunjung telah datang ke stand tersebut. Ia mengatakan, saat ini baru sekitar 30 foto yang dipamerkan, namun akan terus ditambah dalam beberapa hari ke depan, karena jumlah penonton diperkirakan terus meningkat, terutama pada hari Sabtu dan Minggu mendatang.

Ruang Pelayanan Paspor Berdimensi Ramah HAM.

Direktur jendral-Dirjen Imigrasi Irjen (Pol), Ronny F. Sompie menilai   kemampuan pelayanan Kantor Imigrasi di Nusa Tenggara Barat baru bisa memenuhi sepertiga kebutuhan masyarakat, khususnya dalam pelayanan pengurusan paspor. Sompie menjelaskan hal itu, Rabu (7/3) saat  meresmikan Ruang Pelayanan Paspor Berdimensi Ramah HAM di Kantor Imigrasi Mataram. Pelayanan paspor berdimensi ramah HAM melayani secara khusus masyarakat berkebutuhan khusus wanita hamil dan orang tua. Dengan pelayanan ini diharapkan masyarakat berkebutuhan khusus dan orang tua bisa terlayani dengan cepat tanpa menunggu antrian yang cukup lama. Sementara itu, Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM, Doktor Mualimin Abdi, menegaskan, pendirian ruang pelayanan paspor berdimensi ramah HAM ini, merupakan ide yang cerdas dari pihak imigrasi Mataram dalam rangka pemenuhan Hak Asasi Manusia.

Read 1036 times Last modified on Thursday, 08 March 2018 10:57