Monday, 12 March 2018 10:10

Pontianak Meriahkan Hari Air Dengan Festival Sungai.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Balai Wilayah Sungai Kalimantan I akan menggelar Dragon Boat and Sui Jawi Festival pada 17 - 18 Maret mendatang untuk memeriahkan Hari Air Dunia XXVI ( 26 )  2018 di daerah. Ketua Panitia, Syamsur Arifin di Pontianak, Minggu mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan akan dihadirkan. Pusat kegiatan dilaksanakan di Sungai Jawi, Pontianak. Ia menjelaskan rangkaian kegiatan tersebut digelar beberapa perlombaan seperti dragon boat yang akan diikuti 16 tim,  perlombaan permainan rakyat, kayak yang akan diikuti 32 tim dan Festival Sungai Jawi. Ia menjelaskan, di lokasi kegiatan juga menghadirkan 40 stan kuliner. Jadi masyarakat yang berkunjung selain  dapat menyaksikan sejumlah acara juga bisa mencicipi kuliner Pontianak. Ia menambahkan kegiatan berlangsung hingga tepat pada Hari Air Dunia yang jatuh 22 Maret 2018 tersebut juga akan digelar seperti seminar dan bakti sosial di area sungai.

Selamatkan Hutan Lindung, 20.000 Bibit Pohon Ditanam di Gunung Geureudong Informasi selanjutnya, Selamatkan Hutan Lindung, 20.000 Bibit Pohon Ditanam di Gunung Geureudong, Aceh. Sebanyak 20.000 bibit pohon ditanam di kawasan hutan lindung gunung geuredong yang berada di kampung Nosar Baru dan Bener Pepanyi, Sabtu (10/3/2018). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah kabupaten Bener Meriah, Yayasan Lauser Internasional (YLI) dan Indonesia Climate Change Trus Fund (ICCTF) serta masyarakat setempat dalam upaya pelestarian dan perlindungan hutan diwilayah tersebut. Bupati Bener Meriah, Ahmadi Sabtu (10/3/2018) mengatakan, untuk menjaga kawasan hutan tersebut pihaknya akan membentuk beberapa tim yang akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kawasan hutan lindung sesuai titik kordinat yang telah ditetapkan. Kawasan hutan lindung tersebut sebelumnya sempat beralih fungsi menjadi lahan pertanian masyarakat. Oleh karena itu program tersebut dinilai sangat membantu pemerintah kabupaten Bener Meriah dalam mengembalikan fungsi hutan lindung. Ahmadi juga menyebut keberadaan hutan lindung dikawasan itu merupakan pusat sumber air bersih yang selama ini dimanfaatkan masyarakat disejumlah kecamatan dikabupaten tersebut. Ia berharap, kesungguhan masyarakat, Yayasan Lauser Internasional dan Indonesia Climate Change Trus Fund, tidak hanya sebatas seremonial saja. Akan tetapi betul-betul dilaksanakan dengan sepenuhnya.

festival burung Kicau Nasional di Kebun Raya Bogor.

Presiden Joko Widodo menghadiri festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor Jawa Barat, Minggu (11/3/2018). Festival ini diikuti sekitar  3000  burung. Presiden Joko Widodo dalam kesempatan tersebut  mengatakan, hobi burung yang ada di Indonesia telah berhasil menggerakan perekonomian kerakyatan mencapai 1,7 triliun rupiah  setahun, yaitu dari sisi penangkaran, pakan, sangkar, dan obata-obatan. Presiden Joko Widodo mengatakan, penangkaran burung, selain mendorong ekonomi, juga memberikan ruang kepada para pecinta atau yang lebih dikenal kicaumania  mampu menyalurkan hobinya juga pelestarian burung yang ada di Indonesia. Presiden mengatakan, berdasarkan laporan, terdapat sekitar 1.660 spesies burung di Indonesia yang merupakan anugerah yang diberikan Sang Pencipta. Para kicaumania seluruh Nusantara dengan sekitar 3.000 burung mengikuti festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden, di Kebun Raya Bogor, Minggu.//Dalam kesempatan  tersebut Presiden  didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, serta Koordinator Staf Ahli Presiden, Teten Masduki, menghadiri festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor.

Read 840 times Last modified on Monday, 12 March 2018 07:12