Sunday, 11 March 2018 13:16

Riau Menggelar Apel Siaga Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Provinsi Riau menggelar apel siaga untuk menyiapkan kesiagaan dalam menghadapi musim kemarau dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dalam apel yang digelar di halaman kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, baru-baru ini, Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, mengapresiasi keterlibatan aktif berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan asap akibat kebakaran hutan dan lahan, khususnya di Provinsi Riau. Termasuk peran aktif swasta di dalamnya. Wan Thamrin Hasyim mengatakan, dahulu penanganan baru secara parsial, tapi sekarang bergabung swasta dan pemerintah. Menurutnya, dengan peran serta seluruh pihak, membuat monitoring terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan dapat terpantau dengan baik. Sehingga pencegahannya menjadi lebih maksimal.

Aceh Pamerkan Wisata Petualangan.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memamerkan ragam pariwisata, khususnya wisata petualangan pada ajang "Deep & Extreme Indonesia 2018" yang berlangsung hingga 11 Maret ini di Balai Sidang Jakarta. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadhani, di Banda Aceh, Jumat (9/3) mengatakan, Deep & Extreme Indonesia 2018 merupakan ajang bagi Aceh mempromosikan beragam pariwisata dari ujung barat Indonesia. Di ajang ini, Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tenggara, lembaga terkait, dan industri pariwisata lainnya juga ikut ambil bagian. Menurutnya, keikutsertaan Aceh dalam berbagai event pameran berskala nasional dan Internasional ini sebagai upaya meningkatkan nilai jual pariwisata Aceh. Rahmadhani menambahkan, selain promosi wisata,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh juga mempromosikan Calendar of Event Aceh 2018. Kalender kegiatan tersebut menginformasikan semua agenda pariwisata yang digelar sepanjang 2018 di Provinsi Aceh. Rahmadhani menyebutkan sejumlah kegiatan pariwisata dalam kalender kegiatan Aceh 2018, di antaranya Aceh International Marathon, Tour de Leuser, Surfing Championship, Rafting Championship, International Freediving, dan lainnya. Ia berharap, adanya promosi beragam wisata, termasuk pariwisata petualang, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Provinsi Aceh.

JIIPE Menjadi Kawasan Industri Terpadu Terbesar Di Jawa timur.

Presiden Joko Widodo meresmikan kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, Jumat (9/3). Kawasan industri terpadu tersebut, diharapkan menjadi yang terbesar di Jawa Timur. Tidak hanya itu, kawasan industri tersebut juga diklaim menjadi yang pertama di Indonesia, yang memadukan pelabuhan, industri, dan perumahan. Kawasan industri ini juga dilengkapi fasilitas infrastruktur yang baik Nantinya akan langsung terhubung dengan jalan tol dan rel kereta api. Presiden Direktur PT AKR Corporindo TBK, Haryanto Adikoesoemo, sebagai salah satu pengembang mengatakan, dengan terintegrasi pelabuhan laut dalam, kawasan ini akan memiliki akses langsung untuk pasar domestik dan International. Diharapkan juga dapat menunjang perekonomian Indonesia. Haryanto saat menggelar konferensi pers, Jumat (9/3) menjelaskan, nilai investasi untuk membangun fasilitas di kawasan industri terpadu sudah mencapai angka hampir 5 trilliun rupiah. Ia memperkirakan, pembangunan Java Integrated Industrial and Ports Estate akan selesai seluruhnya dalam 15 tahun. Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III, Husein Latief, menjelaskan, pelabuhan laut dalam di kawasan ini akan dilengkapi dengan 4 dermaga yang mampu mendukung semua aktivitas di pelabuhan dan industri. Ia berharap, jumlah kapal yang akan dilayani meningkat seiring dengan perkembangan industri di kawasan industri terpadu ini.

Read 788 times Last modified on Monday, 12 March 2018 07:50